Pendaftaran Bakal Calon Kepala Desa di Sukoharjo Dibuka, Didominasi Petahana

Ilustrasi.

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Pendaftaran bakal calon (balon) kepala desa (kades) di 13 desa yang menggelar pilkades telah dibuka sejak 27 Oktober lalu dan akan berakhir pada 3 November 2022 nanti. Hingga 31 Oktober, balon kades yang mendaftar sebagian besar adalah pejabat lama atau petahana.

“Saat ini tahap pendaftaran balon kades. Untuk pemilihan sendiri diagendakan serentak di 13 desa pada 8 Desember 2022,” terang Kepala Bidang (Kabid) Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sukoharjo, Sigit Nugroho, Senin (31/10/2022).

Menurutnya, panitia pilkades 13 desa sudah membuka pendaftaran balon kades dimana pendaftaran akan ditutup pada 3 November nanti. Sejak pendaftaran dibuka, diketahui pejabat lama atau petana masih mendominasi pendaftaran meski ada juga balon kades baru.

Sigit mengaku, bagi petahana yang masih memenuhi syarat utamanya mengenai masa jabatan memang diperbolehkan mendaftar kembali. Pasalnya, batas maksimal jabatan kades adalah tiga periode sehingga petahana yang baru menjabat satu atau dua periode kembali mendaftar.

Setelah pendaftaran, ujarnya, tahapan selanjutnya adalah penelitian berkas pendaftaran balon kades selama 12 hari kerja mulai 4 November hingga 21 November 2022. Panitia akan memastikan semua balon kades yang mendaftarkan diri memenuhi syarat sebelum maju Pilkades serentak.

“Untuk pengumuman hasil penelitian berkas lamaran 22 November, penetapan calon kepala desa 23 November, pengumuman calon kepala desa 24-25 November,” ujar Sigit.

Selanjutnya, pelaksanaan seleksi tembahan 28-30 November jika ada jumlah peserta melebihi batas maksimal lima balon kades. Penetapan hasil seleksi tambahan pada 1 Desember dan dilanjutkan dengan penetapan, pengumuman dan pengundian nomor urut calon kepala desa 2 Desember.

Seperti diketahui, 13 desa yang akan menggelar Pilkades serentak adalah Desa Karangtengah Kecamatan Weru, Desa Tiyaran Kecamatan Bulu, Desa Tanjung Kecamatan Nguter, Desa Manisharjo Kecamatan Bendosari, Desa Puhgogor Desa Bendosari, Desa Bulu Kecamatan Polokarto, Desa Kayuapak Kecamatan Polokarto, Desa Jatisobo Kecamatan Polokarto, Desa Plumbon Kecamatan Mojolaban, Desa Kadilangu Kecamatan Baki, Desa Ngemplak Kecamatan Kartasura, Desa Gumpang Kecamatan Kartasura dan Desa Pabelan Kecamatan Kartasura. (nano)

Nano Sumarno:
Tinggalkan Komentar