Ragam  

Pencari Kroto di Sukoharjo Ini Tak Menyangka Dapat Bantuan Rehab RTLH, Apalagi Diserahkan Langsung oleh Bupati

Bupati Sukoharjo, Etik Suryani melihat-lihat kondisi rumah warga yang menerima bantuan rehab RTLH dari Baznas, Selasa (23/7/2024).

Sukoharjonews.com – Namanya Sumadi, warga Seliran RT 01/05 Kelurahan Jetis, Kecamatan/Kabupaten Sukoharjo. Sumadi tak menyangka mendapat bantuan rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH). Terlebih lagi, bantuan yang bersumber dari Baznas tersebut diserahkan langsung oleh Bupati Etik Suryani, Selasa (23/7/2024).


Sumadi sendiri diketahui mendapat penghasilan dengan mencari kroto atau telur semut untuk makanan burung. Sumadi terlihat sumringah tatkala Bupati Etik Suryani datang ke rumahnya bersama rombongan dari Baznas.

Sebelum menyerahkan bantuan unag rehab senilai Rp10 juta, Bupati menyempatkan diri melihat kondisi rumah Sumadi yang sangat kecil. Selain itu, akses ke rumah Sumadi pun juga cukup sulit. Bahkan, lelaki yang tinggal sendirian di rumah ini, tidak punya dapur untuk memasak.

“Jenengan di rumah ini tinggal kalih sinten?” tanya bupati.

Sumadi menjawab sendirian karena sudah tidak ada istri dan anak-anaknya sudah tidak di rumah. Dia mengaku, penghasilannya mencari kroto sangatlah kecil bahkan untuk makan sehari-hari saja kurang.


Mendengar jawaban lelaki tersebut, bupati mengelus pundaknya dan memberikan semangat agar terus bekerja dan berusaha. Meskipun dengan penghasilan yang rendah, namun halal.

Usai berbincang di dalam rumah yang lantainya dari tanah itu, Bupati kemudian menyerahkan bantuan RTLH dari program Sukoharjo Peduli bekerjsama dengan Baznas.

“Bantuan niki monggo dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk perbaikan rumah njih pak. Mudah-mudahan bermanfaat,” kata bupati.

Usai menerima bantuan, Sumadi mengaku senang sekali dan berterimakasih pada Bupati dan Baznas yang sudah memberikan bantuan.


“Hanya bisa mengucapkan terimakasih dan maturnuwun pada bu bupati. Semoga beliau selalu sehat,” ujarnya malu-malu.

Selain Sumadi, hari ini Bupati juga menyerahkan bantuan rehab RTLH untuk tujuh warga lain di Kelurahan Jetis, Sukoharjo, dan Desa Puron, Kecamatan Bulu.

Khusus di Kecamatan Sukoharjo ada empat 4 penerima termasuk Sumadi dan di Kecamatan Bulu juga ada empat penerima. Nominal bantuan bervariasi, mulai dari Rp6 juta hingga Rp20 juta untuk satu penerima. Total bantuan rehab RTLH dari Baznas untuk delapan penerima mencapai Rp106 juta. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *