Pemkab Sukoharjo Kembali Raih Opini WTP, Sembilan Kali Berturut-Turut!

Bupati Sukoharjo, Etik Suryani saat menerima Opin WTP dari Ketua BPK Perwakilan Jateng, Hari Wiwoho.

Sukoharjonews.com – Pemkab Sukoharjo kembali mendapatkan prestasi di bidang pengelolaan keuangan. Hal itu setelah BPK memberikan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemkab Sukoharjo Tahun 2023. Opini WTP tersebut diterima langsung oleh Bupati Etik Suryani bersama Ketua DPRD, Wawan Pribadi.


Bupati Etik Suryani mengatakan, opini WTP dari BPK untuk Laporan Keuangan Tahun 2023 tersebut merupakan yang ke-9 berturut-turut sejak tahun 2015. Penyerahan sendiri dilakukan bersama dengan sejumlah daerah yang lain di Jawa Tengah.

“Tentunya sangat membanggakan capaian opini WRP ini sehingga harus dipertahankan. Penyerahan di Semarang pada 22 Mei lalu,” ungkap Bupati, Senin (27/5/2024).

Opini WTP ini, lanjut Etik, merupakan bukti nyata Pemkab Sukoharjo telah menunjukkan komitmen dan kinerja yang baik pada masyarakat. Selain itu, juga komitmen mempertanggungjawabkan setiap penggunaan uang negara secara transparan dan akuntabel sesuai dengan kaidah-kaidah pelaporan yang baik dan benar dalam Standar Akuntansi Pemerintah (SAP).


“Capaian opini WTP sembilan kali berturut-turut ini tentunya menjadi kebanggaan serta cambuk untuk terus ikut serta dalam mewujudkan “clean and good governance” sebagaimana telah dicita-citakan dalam pelaksanaan reformasi birokrasi,” kata Bupati Etik.

Bupati juga berharap seluruh ASN bekerja dengan sungguh-sungguh dan penuh dedikasi serta integritas tinggi agar dapat mewujudkan dan menyajikan laporan pertanggungjawaban keuangan yang lebih berkualitas. Dengan harapan, opini WTP dapat kembali diraih di tahun-tahun mendatang.

Sementara itu, Ketua DPRD Sukoharjo, Wawan Pribadi memberikan apresiasi pada eksekutif yang telah menunjukkan kinerja yang baik terkait pengelolaan keuangan. Hal itu ditunjukkan dengan opini WTP dari BPK untuk Laporan Keuangan Tahun 2023 sudah sembilan kali berturut-turut.

“Saya berharap prestasi ini dipertahankan dan ditingkatkan sehingga di tahun-tahun mendatang kembali meraih opini WTP dari BPK,” kata Wawan. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *