Pemicu Kolesterol Naik, Hindari 4 Minuman Ini Saat Lebaran Idul Adha

Minuman pemicu kolestrol (Foto : Pexels)

Sukoharjonews.com – Umat muslim di seluruh dunia akan segera menyambut lebaran Iduladha yang jatuh pada tanggal 29 Juni 2023. Untuk menyambut Hari Raya Iduladha ini, berbagai makanan dan minuman pun sudah mulai dipersiapkan.


Dilansir dari The Health Site, Jum’at (30/6/2023), anggota keluarga punya kolesterol tinggi, ada beberapa minuman yang sebaiknya dikurangi atau dihindari saat lebaran nanti. Pasalnya, beberapa minuman ini dapat memicu kolesterol jahat (low density lipoprotein) naik. Tingginya kadar kolesterol jahat dalam darah lama-kelamaan dapat memicu penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung dan stroke. Berikut apa saja minuman yang harus dihindari saat lebaran agar kadar kolesterol tetap terjaga? Keep scrolling

Kopi
Kopi menjadi salah satu minuman yang digemari banyak orang. Namun, jika kamu memiliki kolesterol jahat yang tinggi, sebaiknya hindari kopi saat lebaran.

Melansir dari WebMD, kopi yang diseduh sebenarnya tidak mengandung kolesterol, tetapi terdapat minyak alami yang mengandung senyawa kimia, yaitu cafestol dan kahweol. Kedua senyawa kimia inilah yang berperan dalam peningkatan kadar kolesterol jahat.

Jika ingin minum kopi, sebaiknya pilih kopi yang disaring karena senyawa cafestol dan kahweol di dalamnya tidak sebanyak kopi yang tidak disaring. Namun, tetap batasi jumlah konsumsi kopi dan perhatikan campuran di dalamnya. Pasalnya, campuran di dalam kopi, seperti susu, krim, dan gula lebih berpotensi meningkatkan risiko kolesterol tinggi.

Minuman Bersoda
Dibandingkan hari-hari biasa, minuman bersoda lebih sering disajikan saat momen lebaran. Minuman ini memiliki rasa yang manis dengan sensasi yang menyegarkan. Apalagi, jika disajikan dalam keadaan dingin.

Sayangnya, minuman bersoda dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Melansir dari Healthline, kandungan gula di dalam minuman bersoda dapat mengurangi kadar kolesterol baik atau high density lipoprotein (HDL) dan menaikan meningkatkan kadar kolesterol jahat.

Kadar kolesterol jahat yang terlalu tinggi dapat meningkatkan risiko kamu terkena penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung koroner, stroke, dan aritmia.


Milkshake
Sekilas, milkshake terlihat sehat, ya Beauties. Ditambah lagi dengan rasanya yang manis membuat banyak orang senang meminum minuman ini. Namun, di balik rasanya yang enak, ternyata milkshake juga dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

Bahkan tidak hanya kolesterol saja yang meningkat, tapi juga kadar trigliserida dan asam lemak. Hal ini dikarenakan, milkshake mengandung lemak jenuh dan gula yang tinggi di mana keduanya berkontribusi dalam peningkatan kadar kolesterol dalam darah. Maka dari itu, sebaiknya hindari milkshake saat lebaran Idul Adha maupun hari-hari biasanya

Teh Manis
Minuman selanjutnya yang sebaiknya juga dihindari saat Hari Raya Idul Adha adalah teh manis. Sama seperti minuman bersoda, teh manis juga mengandung gula yang tinggi. Gula inilah yang akan meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam darah. (patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *