Penghargaan Adipura Kembali Diraih

Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya menerima Penghargaan Adipura 2017 dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Siti Nurbaya Bakar.

Sukoharjonews.com – Pemkab Sukoharjo kembali meraih prestasi gemilang tahun ini dengan meraih Penghargaan Adipura. Penghargaan tersebut diterima Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya dalam acara Malam Anugerah Lingkungan, di Auditorium Manggala Wanabakti Jakarta belum lama ini. Penghargaan diterimakan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Siti Nurbaya Bakar.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Sukoharjo Djoko Sutarto menyampaikan, program Adipura bertujuan untuk mewujudkan kota yang bersih, teduh, sehat dan berkelanjutan dengan menerapkan prinsip tata kepemerintahan yang baik atau “good governance”. “Melalui program Adipura, pemerintah daerah diharapkan mampu mendorong penyesesaian berbagai isu lingkungan hidup, dan khususnya di Sukoharjo ini menerima Adipura dikarenakan pengelolaan Tempat Pengolahan Akhir (TPA) sampah sudah baik,” paparnya.



Dikatakan Djoko, saat ini sampah di TPA Mojorejo, Kecamatan Bendosari dijadikan sumber gas methane dan digunakan sebagai alternatif bahan bakar untuk menghidupkan kompor dapur. Dengan kata lain TPA sampah tidak hanya sebagai tempat pembuangan sampah di bagian hilir saja. Sampah yang ada tidak hanya ditimbun saja, tetapi dimanfaatkan menjadi barang yang sangat bermanfaat.

“Timbunan sampah mempunyai banyak “output” yang bisa dimanfaatkan warga sekitar, salah satu diantaranya adalah gas methane atau biogas karena gas ini bisa dimanfaatkan untuk bahan bahan bakar,” ujarnya.

Kabid Tata Lingkungan DLH Agus Suprapto menambahkan, sas methane sebenarnya merupakan salah satu gas yang berbahaya, karena gas ini merupakan salah satu dampak efek rumah kaca yang disebabkan “global warning” pada bumi. Namun, Pemerintah Sukoharjo melalui DLH dan juga berkat partisipasi masyarakat, gas dijadikan sebagai pengganti gas yang digunakan untuk memasak oleh masyarakat sekitar. (erlano putra)

 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *