by

Pemkab Sukoharjo Ujicoba Gunakan Absensi Elektronik

Pemkab Sukoharjo ujicoba menggunakan sistem absen elektronik di semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sejak 1 Juni.

Sukoharjonews.com (Bendosari) – Pemkab Sukoharjo melakukan ujicoba sistem absen elektronik pada semua Aparatur Sipil Negara (ASN) atau PNS. Ujicoba tersebut dilaksanakan sisemua kantor Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Dengan absensi elektronik diharapkan ASN semakin disiplin dalam hal kedatangan dan kepulangan. Pasalnya, absensi elektronik tersebut terhubung langsung dengan Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP).



“Absensi elektronik ini diterapkan di semua OPD. Memang masih ujicoba sejak 1 Juni lalu. Meski sudah absen secara elektroni, absen manual juga masih dilakukan,” ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Sukoharjo Agus Santosa, Minggu (24/6).

Dikatakan Agus, perubahan sistem absen tersebut dilakukan karena menyesuaikan ketentuan dari pemerintah pusat. Pemkab Sukoharjo sendiri sebenarnya sudah melakukan persiapan sejak dua tahun terakhir dengan menerapkan absen elektronik dibeberapa OPD. Hasilnya membawa pengaruh signifikan baik terhadap kinerja ASN maupun OPD tempatnya bekerja.

Menurutnya, keberhasilan tersebut kemudian diteruskan secara menyeluruh disemua OPD. Ujicoba dilaksanakan terhitung 1 Juni dan akan terus dievaluasi perkembangannya sampai akhir bulan. Pemantauan dilakukan dengan melibatkan tim gabungan dari beberapa OPD.

“Perubahan absen dilakukan karena faktor perkembangan sistem dari manual ke elektronik. Dengan begitu maka para ASN wajib datang untuk absen sendiri dan tidak bisa titip ke pegawai lain yang sebelumnya menggunakan sistem manual,” ujar Agus.

Agus juga mengatakan, sebelum diterapkan telah dilaksanakan input data seperti identitas nama, foto dan sidik jari tangan dari semua ASN dan pegawai lainnya di OPD. Setelah data masuk ke alat, maka pegawai tinggal absen setiap kali masuk dan pulang kerja sesuai waktunya. (erlano putra)



Share:

Facebook Comments

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed