Musim Cari Sekolah, Permintaan Adminduk Membeludak

e-KTP (Ilustrasi)

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Tahun ajaran baru pendidikan membuat masyarakat sibuk mencari kelengkapan administrasi kependudukan (adminduk) . Hal itu membuat Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) diserbu warga yang ingin mencari kelengkapan adminduk sebagai persyaratan mencari sekolah. Salah satu adminduk yang paling banyak dicari masyarakat adalah legalisir Kartu Keluarga (KK) yang dibutuhkan untuk mendaftar sekolah.



Kepala Dispendukcapil Sukoharjo Sriwati Anita mengatakan, permintaan adminduk mengalami peningkatan dalam beberapa waktu terakhir ini. Selain adminduk untuk persyaratan mencari sekolah, banyak juga warga yang datang untuk rekam data dan juga pencetakan e-KTP. “Sejak April lalu sampai awal Mei terjadi peningkatan signifikan pelayanan adminduk dari masyarakat. Berbagai permohonan diajukan namun paling banyak yakni legalisir KK, pencetakan KK, rekam data dan pencetakan e-KTP,” jelasnya, Kamis (17/5).

Dia melanjutkan, khusus untuk legalisir KK dalam setiap tahun selalu terjadi peningkatan signifikan pada periode Mei-Juli. Hal itu terjadi karena masyatakat banyak mencari persyaratan adminduk untuk pendaftaran sekolah. Terlebih lagi, sekarang sesuai informasi dari masyarakat atau pemohon mau mendaftar sekolah ada rayonisasi dan sebagai buktinya harus bisa menunjukan KK yang dilegalisir.

Menurutnya, dalam sekali permohonan legalisir KK pemohon mengajukan tidak hanya satu lembar saja namun dalam jumlah banyak. Hal itu dilakukan untuk memenuhi kebutuhan sekaligus cadangan apabila sewaktu-waktu ada kebutuhan mendesak.

Dispendukcapil Sukoharjo sudah menyiapkan petugas dan peralatan yang dibutuhkan untuk pelayanan pada masyarakat. Termasuk juga mengedepankan transparansi dengan mempercepat akses. “Permintaan adminduk baik rekam dan cetak e-KTP dan KK sekarang juga banyak. Mungkin lagi musimnya karena pada pertengahan tahun apalagi bertepatan momen tahun ajaran baru sekolah,” lanjutnya.

Untuk rekam data e-KTP, ujar Anita, permintaan paling banyak datang dari pemohon baru atau warga yang baru menginjak usia 17 tahun. Mereka datang dengan kesadaran sendiri ke kantor Dispendukcapil Sukoharjo. Faktor lainnya dikatakan Anita juga karena sebelumnya sudah mengirimkan surat edaran ke pihak desa, kelurahan dan kecamatan untuk diteruskan ke RT/RW.

Selain itu, banyak juga yang mencetak e-KTP untuk persiapan mengikuti Pilgub Jateng 27 Juni nanti. “Stok blangko cetak e-KTP dan KK masih banyak dan bisa memenuhi kebutuhan masyatakat,” tambahnya. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *