Jelang Jatuh Tempo, Petugas Diminta Memaksimalkan Waktu Menagih PBB

Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya saat melakukan pembayaran PBB dalam acara pekan panutan pembayaran PBB beberapa waktu lalu.

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Jatuh tempo pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) tinggal akhir bulan September ini. Untuk itu, dengan waktu yang tersisa, petugas pemungut PBB diminta memaksimalkan waktu untuk melakukan penarikan. Pejabat wilayah seperti camat, kepala desa/lurah juga diminta untuk aktif memantau perkembangan realisasi PBB di wilayah masing-masing.



“Jatuh tempo pembayaran PBB 30 September. Petugas harus memaksimalkan waktu yang ada. Jangan sampai target PBB tidak terpenuhi,” tandas Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Sukoharjo RM Suseno Wijayanto, Jumat (7/9).

Dia mengatakan, target PBB tahun ini sesuai penetapan APBD sebesar Rp28 miliar. Suseno optimistis targettersebut bisa terpenuhi. Terlebih lagi, target tersebut dihitung hingga akhir tahun anggaran, yakni Desember 2018 nanti. Meski begitu, pihaknya tetap melakukan berbagai upaya agar target bisa terpenuhi. Kalau bisa, realisasi PBB bisa mendekati potensi yang ada.

Terpisah, Kepala Desa Gumpang, Kecamatan Kartasura Dwi Mogol Nuryanto mengatakan, sisa waktu pelunasan pembayaran PBB sampai akhir September akan dimaksimalkan dengan baik. Pasalnya, sampai sekarang masih ada beberapa wajib pajak yang belum melunasi pembayaran PBB. Wajib pajak tersebut baik perseorangan maupun kantor ditunggu sebelum batas waktu.

“Pemerintah Desa Gumpang telah berusaha dengan mendatangi langsung rumah atau tempat wajib pajak. Petugas memberikan pemberitahuan sosialisasi berkaitan batas waktu pembayaran PBB. Selain itu petugas juga memberikan surat resmi pada wajib pajak untuk melunasi pembayaran,” jelasnya.

Menurutnya, usaha jemput bola sengaja dilakukan mengingat sisa waktu yang ada sangat terbatas. Wajib pajak harus disadarkan untuk melunasi kewajibannya membayar pajak. Apabila tidak maka dikhawatirkan mereka lupa membayar dan terancam sanksi berupa denda. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments