Dodit-Monica Terpilih Menjadi Mas Mbak Sukoharjo 2018

Foto file: 14nano-skh mas mbak
Malam Grand Final Pemilihan Mas dan Mbak Sukoharjo 2018 digelar di Pendopo Graha satya Praja (GSP), Sabtu (13/5) malam. Tahun ini, gelar Mas dan Mbak diraih oleh Orlando Dodit Ade Saputra dan Monica Putri Cornelia.

Sukoharjonews.com (Bendosari) – Pemkab Sukoharjo kembali menggelar pemilihan duta wisata “Mas dan Mbak Sukoharjo 2018”. Tahun ini, gelar tersebut diraih oleh Orlando Dodit Ade Saputra dan Monica Putri Cornelia. Kedua peserta tersebut berhasil menyisihkan sembilan pasang finalis lainnya dalam Grand Final Pemilihan Mas dan Mbak 2018 di Pendopo Graha Satya Praja (GSP) Pemkab Sukoharjo, Sabtu (13/5) malam.



Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sukoharjo Darno menjelaskan, pemilihan Mas dan Mbak tahun ini diikuti oleh 167 peserta. Dari 167 peserta, panitia melakukan seleksi untuk menjaring 10 pasang finalis yang tampil dalam Grand Final. “Untuk menjaring 10 pasang finalis, digelar sejumlah tes yang meliputi tes tertulis, wawancara serta penampilan bakat dan minat,” jelasnya.

Menurut Darno, sebelum para finalis tampil dalam Grand Final terlebih dahulu dilakukan pembekalan. Materi pembekalan sendiri meliputi “Table Manner Cource”, manajemen perhotelan, “ngadi saliro ngadi busono”, “Beauty Class”, bahaya narkoba, “public speaking”, serta materi lainnya.

Selain Juara I, lanjut Darno, panitia juga memilih Juara II dan Juara III masing-masing satu pasang. Panitia juga memilih Juara Favorit dan Juara Persahabatan masing-masing satu orang. Pemenang dua kategori terakhir dipilih melalui “polling” SMS yang dilakukan oleh panitia.

Dikatakan Darno, dengan pemilihan Mas dan Mbak Sukoharjo diharapkan bisa memperoleh sosok generasi muda yang memiliki kemampuan, keterampilan, dan pengetahuan di berbagai aspek khususnya pariwisata. “Panitia juga berharap ajang ini mampu memperoleh generasi muda yang bertanggungjawab dengan kepemimpinan dan keteladanannya,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya mengatakan, pemilihan “Mas dan Mbak” Sukoharjo digelar untuk memilih sosok putra dan putri Kabupaten Sukoharjo yang memiliki ilmu kepariwisataan yang luas, disiplin, mandiri, serta mempunyai kepribadian yang konsisten dengan ucapan dan tindakan. Pemilihan mas dan mbak sendiri dilakukan melalui proses yang ketat dimana dimulai dengan tes tertulis, tes wawancara yang meliputi bidang pariwisata dan pengetahuan serta penampilan dan bakat.

“Para pemenang berkewajiban untuk mempromosikan potensi daerah dan pariwisata untuk menarik investor guna meningkatkan investasi daerah,” ujarnya.

Menurut Bupati, promosi yang dilakukan oleh Mas dan Mbak Sukoharjo 2018 tidak hanya ditingkat lokal saja. Tapi, juga dilakukan hingga tingkat nasional. Dengan promosi tersebut Pemkab Sukoharjo akan terbantu untuk meningkatkan dunia pariwisata yang ada. Bupati juga mengatakan, dengan ajang tersebut diharapkan mampu memperoleh generasi muda yang mandiri dengan tidak tergantung pada siapapun dalam arti dapat eksis ditengah-tengah masyarakat. (erlano putra)



Share: