Dishub Kirim 2 Bus Untuk Mudik Gratis, Diberangkatkan 10 Mei

Dishub mengirim duai nit bus untuk mudik gratis. (Ilustrasi)

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Pemkab Sukoharjo menyediakan dua bus untuk mudik gratis warga Sukoharjo yang ada di perantauan khususnya Jakarta dan sekitarnya. Rencananya, dua bus tersebut akan diberangkatkan ke Jakarta pada 10 Mei mendatang. Warga yang ingin mudik gratis menggunakan bus diharapkan segera mendaftarkan diri di Kementerian Perhubungan seperti tahun-tahun sebelumnya.



“Yang mengkoordinir pemudik dengan menggunakan layanan bus gratis ini pemerintah pusat dala hal ini kementerian. Daerah hanya menyiapkan armada bus saja dan tahun ini dua unit bus,” jelas Kepala Dinas Perhubungan Sukoharjo Djoko Indriyanto, Rabu (25/4).

Dikatakan Djoko, fasilitas mudik gratis menggunakan bus rutin tiap tahun. Warga Sukoharjo yang ingin menjadi peserta mudik gratis tidak dikenakan biaya. Warga yang ingin mendaftar sebagai peserta tinggal menyiapkan identitas diri. Meski begitu, Dinas Perhubungan juga membuat surat edaran resmi pada Paguyuban Warga Sukoharjo yang ada di Jakarta terkait program mudik gratis tersebut.

“Soal kapan akan diberangkatkan dari Jakarta masih menunggu informasi dari pusat. Yang jelas akan berangkan dari Taman Mini dan nantinya berakhir di Terminal Sukoharjo,” kata Djoko.

Tahun ini, ujar Djoko, kementerian meminta daerah mengirim dua unit bus. Meski begitu, kemungkinan besar jumlah armada yang akan diberangkatkan ke Sukoharjo akan bertambah. Pasalnya, program mudik gratis kementerian tersebut biasanya bekerjasama dengan pihak swasta.

Para pemudik Sukoharjo ini, ujar Djoko, mayoritas merupakan perantau yang bekerja di Jakarta dan seitarnya. Selain perantau yang berjualan jamu gendong, ada juga yang bekerja di instansi, buruh pabrik dan sebagainya. “Pemudik itu berasal dari berbagai kecamatan di Sukoharjo. Setelah tiba di terminal, nanti pemudik tinggal melanjutkan perjalanan ke rumah masing-masing menggunakan angkutan kota atau moda lainnya,” tambahnya. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *