Bupati Raih Satya Lancana Pembangunan

No comment 139 views

Menko PMK Puan Maharani memberikan ucapan selamat pada Bupati Sukoharjo H Wardoyo Wijaya SH MH yang meraih penghargaan Satyalancana Pembangunan.

Sukoharjonews.com – Tahun ini menjadi tahun prestasi bagi Pemkab Sukoharjo dan juga Bupati H Wardoyo Wijaya SH MH. Setelah Adipura dan raihan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk kinerja pemerintahan, Bupati juga berhasil meraih Tanda Kehormatan Satyalancana Pembangunan di Bidang Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) dari Presiden RI. Penyerahan penghargaan tersebut dilakukan dalam peringatan Harganas ke-24 di Kota Bandar Lampung Provinsi Lampung belum lama ini.

Dalam kegiatan tersebut, penyerahan penghargaan dilakukan oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia Puan Maharani. Penghargaan Tanda Kehormatan Satyalancana Pembangunan di Bidang KKBPK ini menambah daftar prestasi bupati. Penghargaan Satyalancana itu sendiri merupakan kedua setelah sebelumnya juga pernah mendapat Satyalancana Pembangunan Bidang Sosial.

“Tentunya bangga dengan penghargaan ini. Tapi, saya katakan, apapun penghargaan yang saya maupun pemerintah raih merupakan keberhasilan semua masyarakat,” tandas Wardoyo.



Menurutnya, berbagai penghargaan yang diraih jangan lantas membuat terlena. Namun, penghargaan tersebut harus jadi motivasi di tahun-tahun mendatang agar prestasi kembali diraih. Setidaknya mampu mempertahankan prestasi yang telah diraih tahun ini. Pasalnya, mempertahankan penghargaan akan terasa lebih sulit dibandingkan untuk mendapatkannya.

Terkait penghargaan Satyalancana Pembangunan Bidang KKBPK, bupati dinilai berhasil membangun kualitas hidup masyarakat dengan menyukseskan program Kependudukan Keluarga Berencana, dukungan kelembagaan, Alokasi Anggaran, Sarana dan Prasarana PPL KB/PKB, PPKBD, Sub PPKBD, Kelompok KB dan tenaga sukarela pengelola KB.

Penilaian lainnya adalah pencapaian jumlah peserta KB aktif dan baru, pencapaian Total Fertility Rate (TFR). Adanya capaian ini meningkatkan kesejahteraan kemasyarakatan Kabupaten Sukoharjo. Salah satu contohnya yakni terlihat saat acara Pencanangan Kampung KB di Dukuh Kedungbatang Desa Ngasinan Kecamatan Bulu pada 3 Juli 2017 yang lalu.

Selama ini, Pemkab memberikan penghargaan Rp2.000.000 untuk tiap akseptor KB Pria. Dengan penghargaan tersebut dipertengahan tahun 2017 ini KB pria telah mencapai hampir 200% dari target atau mencapai 37 akseptor dari target 21 akseptor. Dalam kesempatan yang sama Kabupaten Sukoharjo berhasil juga meraih dua kejuaraan Tingkat Nasional yaitu Juara II (dua) Lomba Kesatuan Gerak PKK-KKBPK-Kesehatan yang diwakili oleh Desa Sidorejo Kecamatan Bendosari. Selain itu, Juara I Lomba Bidan Praktek Mandiri (BPM) dalam pelayanan KB, atas nama Sri Wahyuni, BPM  Permata Hati  Desa Alasombo, Kecamatan Weru. (erlano putra)

Share: