Berhasil Dipertahankan, Adipura Tiga Kali Beruntun Untuk Sukoharjo

Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya saat menerima penghargaan Adipura dari Wapres Jusuf Kalla, Senin (14/1).

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Prestasi demi prestasi terus diraih oleh Kabupaten Sukoharjo. Kali ini, Kabupaten Sukoharjo meraih penghargaan bergengsi bidang lingkungan hidup, yakni Adipura. Penghargaan ini merupakan yang ketiga secara beruntun untuk Sukoharjo. Kali pertama, Penghargaan Adipura diraih tahun 2016. Adipura yang diraih untuk 2018 tersebut adalah Kategori Kota Kecil.



Dalam rilis Bagian Humas dan Protokol Setda Pemkab Sukoharjo, pengargaan Adipura tersebut diserahkan oleh Wakil Presiden Muhammad Yusuf Kalla kepada Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya di Auditorium Dr Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti Jalan Gatot Subroto Jakarta Pusat, Senin (14/1). Dalam kesempatan itu, turut mendampingi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Siti Nurbaya Bakar dan anggota Dewan Pertimbangan Adipura Haryadi.

“Penghargaan Adipura ini diraih karena penilaian yang tinggi terkait sejumlah kriteria yang jadi penilaian, jelas Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sukoharjo Agus Suprapto.

Menurutnya, penilaian yang dilakukan terkait pengelolaan sampah skala kota, Tempat Pembuangan Akhir, taman atau Ruang Terbuka Hijau (RTH), sekolah dengan baik, serta memiliki kebijakan serta strategi daerah (Jakstrada) dalam upaya pengelolaan sampah dalam bentuk Peraturan Bupati. Agus mengaku, prinsip utama penerapan Adipura adalah pelibatan secara aktif masyarakat dalam peningkatan pemahaman dan kesadaran sebagai kunci perubahan perilaku dalam pengelolaan lingkungan.

Agus juga mengatakan, terpasangnya sistem pengelolaan sampah dengan basis sistem teruji dan data yang akurat terverifikasi di Sukoharjo serta pemenuhan ruang terbuka hijau sesuai dipersyaratkan peraturan dan undang-undang, menjadi penilaian plus untuk Sukoharjo kembali meraih Adipura. Untuk itu, dengan kembali diraihnya Adipura, diharapkan menjadi pemacu semangat di tahun mendatang untuk mempertahankannya.

“Selama ini memang sudah ada pembentukan tim dalam upaya mempertahankan Adipura. Sehingga, dengan kembali diraihnya penghargaan ini kinerja tim yang terlibat sudah maksimal,” tambah Agus. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments