Pembukaan Dam Colo di Nguter Sukoharjo Ditunda, Ini Alasannya

Saluran air Dam Colo Timur masih kering kerontang karena pintu air belum dibuka kembali dengan alasan debit air belum memadai.

Sukoharjonews.com – Dam Colo di Nguter, Kabupaten Sukoharjo resmi ditutup per 16 Oktober 2023 lalu. Biasanya, penutupan dilakukan selama satu bulan untuk pemeliharaan sehingga pada 16 November 2023 seharusnya Dam Colo sudah dibuka. Namun, pembukaan ternyata ditunda.

Penundaan pembukaan Dam Colo otomatis membuat petani di sepanjang aliran dam harus memutar otak tambahan untuk mendapatkan air irigasi.

Selama ini, tidak hanya petani di Kabupaten Sukoharjo yang menggantungkanair irigasi pada aliran Da, Colo. Pasalnya, petani di Kabupaten Karanganyar, Sragen, hingga Jawa Timur juga mengandalkan aliran air dam tersebut.

Terkait informasi penundaan pembukaan tersebut disampaikan oleh Kepala Sub Divisi Jasa Air dan Sumber Air Perum Jasa Tirta, Jawa Tengah, Fendri Ferdian. Menurutnya, pembukaan Dam Colo Nguter, Kabupaten Sukoharjo ditunda.

Terkait penundaan tersebut, Fendri mengaku telah di sepakati beberapa instansi terkait yang ikut serta mengelola Dam Colo. Seperti IP3A Colo Timur Colo Barat, GP3A masing-masing kabupaten, BBWS dan PJT I.

“Alasan penundaan pembukaan Dam Colo dikarenakan tampungan air di Waduk Gajah Mungkur Wonogiri belum mencukupi untuk irigasi,” ujarnya.

Fendri juga mengatakan, nantinya Dam Colo akan dibuka kembali begitu air di Waduk Gajah Mungkur sudah mencukupi. Namun, ia tidak bisa memastikan tanggal pastinya pembukaan DamColo karena tergantung dari stokair di Waduk Gajah Mungkur. (nano)

Erlano Putra:
Tinggalkan Komentar