Pembaruan Xiaomi Android 15, Tanggal Rilis, Perangkat yang Memenuhi Syarat, dan Fitur Baru

Android 15. (Foto: Gizmochina)

Sukoharjonews.com – Penantiannya akhirnya segera berakhir karena Android 15 dipastikan akan dirilis pada bulan Oktober. Jadi, kita hanya tinggal beberapa minggu lagi dari sekarang. Namun bukan saat itulah merek ponsel pintar seperti Xiaomi mulai meluncurkan pembaruan terkini.


Dikutip dari Gizmochina, Senin (9/9/2024), dalam postingan kali ini, saya akan membagikan rencana Xiaomi untuk meluncurkan Android 15, beserta detail tentang perangkat yang memenuhi syarat dan fitur yang diharapkan.

Karena Android 15 belum keluar, merek diam dalam merilis versi skin khusus mereka, seperti One UI 7 untuk Samsung dan OxygenOS 15 untuk OnePlus. Untuk Xiaomi, diharapkan menjadi HyperOS 2.0, yang berbasis Android 15.

Meskipun Xiaomi belum mengungkapkan tanggal rilis untuk HyperOS 2.0, bocoran terbaru menunjukkan rilis pada bulan Oktober. Tahun lalu, HyperOS 1.0 berbasis Android 14 juga dirilis di bulan yang sama.

Google baru saja merilis kode sumber Android 15 ke Android Open Source Project (AOSP). Ini berarti OS baru sudah sepenuhnya terpasang tetapi tidak tersedia untuk umum. Namun, tidak akan lama lagi ini akan diluncurkan ke Google Pixel yang memenuhi syarat, dan merek lain akan bergabung.


Perangkat Xiaomi Android 15 yang Memenuhi Syarat
Xiaomi telah mengungkapkan daftar awal perangkat yang akan menerima pembaruan Android 15. Ini termasuk:

– Xiaomi 14 Ultra
– Xiaomi 14
– Xiaomi 13 Pro
– Xiaomi 13
– Xiaomi 13 Lite
– Xiaomi 13T Pro
– Xiaomi 13T
– Xiaomi 12 Pro
– Xiaomi 12
– Xiaomi 12T Pro
– Xiaomi 12T
– Xiaomi Pad 6
– Redmi Note 13
– Redmi Note 13 5G
– Redmi Note 13 Pro
– Redmi Note 13 Pro 5G
– Redmi Note 13 Pro+ 5G
– Redmi Note 12
– Redmi 12 5G
– Redmi 12
– POCO M6 Pro 5G


Perangkat Xiaomi, Redmi, dan Poco ini dijamin akan mendapat update Android 15 jika sudah siap. Namun, ini bukanlah daftar final, sehingga banyak perangkat yang hilang.

Berikut perangkat Xiaomi lain yang mungkin juga akan diupgrade ke Android 15:

Perangkat Xiaomi

– Xiaomi Mix Flip
– Xiaomi Mix Fold 4
– Xiaomi 14 Pro
– Xiaomi 14 Civi
– Xiaomi 13 Ultra
– Xiaomi 12 Lite
– Xiaomi 12S
– Xiaomi 12S Pro
– Xiaomi 12S Ultra
– Xiaomi Civi 4 Pro
– Xiaomi Mi 3
– Xiaomi Mi 2
– Xiaomi Civic 1S
– Xiaomi Mix Fold 3
– Xiaomi Mix Fold 2
– Xiaomi Pad 6 Pro
– Xiaomi Pad 6 Max 14
– Xiaomi Pad 6S Pro 12.4
– Xiaomi Pad 5 Pro 12.4


Perangkat Redmi

– Redmi Note 13R
– Redmi Note 13R Pro
– Redmi Note 12 4G
– Redmi Note 12 Turbo
– Redmi Note 12 Pro 4G
– Redmi Note 12 Pro Speed
– Redmi Note 12R
– Redmi Note 12R Pro
– Redmi Note 12T Pro
– Redmi Note 12S
– Redmi K70
– Redmi K70E
– Redmi K70 Pro
– Redmi K70 Ultra
– Redmi K60
– Redmi K60 Pro
– Redmi K60 Ultra
– Redmi 14C
– Redmi 13
– Redmi 13R
– Redmi 13 5G
– Redmi 13C 5G
– Redmi Pad Pro
– Redmi Pad Pro 5G
– Redmi Pad SE 8.7
– Redmi Pad SE
– Redmi Turbo 3
– Redmi A3
– Redmi A3x


Perangkat Poco

– Poco F6
– Poco F6 Pro
– Poco F5
– Poco F5 Pro
– Poco X6
– Poco X6 Neo
– Poco X6 Pro
– Poco M6
– Poco M6 4G
– Poco M6 Plus
– Poco M6 Pro
– Poco Pad
– Poco C65
– Poco C61
– Poco C51
– Poco Pad 5G

Kami telah membuat daftar tidak resmi ini dengan menganalisis kebijakan pembaruan perangkat lunak dan peluncuran sebelumnya.

Karena semua perangkat Xiaomi mendapatkan setidaknya satu peningkatan besar, semua perangkat mendatang yang diluncurkan dengan Android 14 secara alami memenuhi syarat untuk Android 15.


Apa yang Baru di Android 15?
Pembaruan perangkat lunak besar berikutnya untuk perangkat Xiaomi akan mencakup banyak perubahan dan penyempurnaan desain, serta beberapa fitur baru langsung dari tim pengembangan di Xiaomi. Selain itu, akan ada lebih banyak peningkatan dan fitur baru sebagai bagian dari Android 15.

Meskipun sebagian besar detail tentang HyperOS 2.0 masih dirahasiakan, beberapa di antaranya telah bocor baru-baru ini.

1. Menu Pengaturan yang didesain ulang
Tangkapan layar HyperOS 2.0 yang bocor menunjukkan menu Pengaturan yang didesain ulang dan terlihat jauh lebih baik dari sebelumnya. Xiaomi telah mempertahankan desain yang sama selama hampir satu dekade, jadi perubahan ini adalah suatu keharusan untuk mendapatkan pengalaman baru.

2. Antarmuka Baru untuk Game Turbo
Gambar yang bocor menunjukkan bahwa HyperOS 2.0 mungkin memiliki Game Turbo yang didesain ulang sepenuhnya. Desainnya terlihat jauh lebih baik daripada yang sudah ada, dan mungkin juga mendapatkan fitur game baru.


3. Animasi Lebih Halus
Xiaomi dilaporkan berupaya membuat animasi lebih stabil dan halus dari sebelumnya.

4. Lebih Banyak Fitur AI
Merek smartphone berlomba-lomba menghadirkan fitur AI terbaik, begitu pula Xiaomi. HyperOS yang ada sudah memiliki banyak fitur AI yang berguna, dan akan lebih banyak lagi di HyperOS 2.0.

5. Kunci Deteksi Pencurian
Ini adalah fitur inti Android 15 yang dirancang untuk menghentikan pencuri mencuri data Anda.

Fitur Kunci Deteksi Pencurian menggunakan AI Google untuk menentukan kapan perangkat Anda dirampas dari tangan Anda. Jika mendeteksi hal ini, perangkat akan mengunci sendiri secara otomatis, mencegah pencuri mencuri data Anda. Bagian terbaiknya adalah pencuri tidak akan dapat mengaktifkan perangkat sampai mereka mendapatkan detail akun Google Anda.

Merampas/mencuri ponsel Android dan menjualnya demi sejumlah uang adalah praktik umum di kalangan pencuri, namun Android 15 mengurangi insentif tersebut dengan membuat perangkat tidak dapat digunakan tanpa detail akun Google yang benar.


6. Dukungan Konektivitas Satelit
Android 15 “memperluas dukungan platform untuk konektivitas satelit”. Ini memberikan dukungan untuk SMS, MMS, dan aplikasi RCS asli untuk menggunakan konektivitas satelit untuk mengirim dan menerima pesan.

OS baru menambahkan beberapa elemen UI untuk memastikan pengalaman pengguna yang konsisten. Semua ponsel Android 15 mungkin tidak mendukung konektivitas satelit, karena kemungkinan besar memerlukan dukungan chip dan operator khusus.

7. Pengarsipan Aplikasi
Jika Anda memiliki banyak aplikasi di perangkat, fitur pengarsipan aplikasi mungkin dapat menyelamatkan Anda dari kehabisan penyimpanan. Fitur ini memungkinkan Anda mencopot pemasangan/mengarsipkan aplikasi sambil menyimpan data pengguna. Jadi, saat berikutnya Anda menginstal aplikasi, Anda dapat melanjutkan dari bagian terakhir yang Anda tinggalkan.

Smartphone Android sudah memiliki fitur pengarsipan aplikasi, namun terbatas pada aplikasi yang diinstal dari aplikasi Play Store. Namun, Android 15 memiliki fitur ini untuk mendukung aplikasi yang diinstal di luar Play Store.


8. Pasangan Aplikasi Layar Terpisah
Android 15 memungkinkan Anda membuat pintasan untuk pasangan aplikasi layar terpisah favorit Anda. Misalnya, Anda dapat membuat pintasan untuk YouTube dan Catatan, yang akan terbuka dalam mode layar terbagi saat Anda mengetuk ikon tersebut.

Ini mungkin tampak seperti tambahan kecil, tetapi sebenarnya ini adalah hal yang besar jika Anda menggunakan banyak aplikasi dalam mode layar terbagi. Penambahan kecil ini mungkin menghemat banyak waktu Anda. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *