Peduli Keselamatan, Mahasiswa Undip Kenalkan Risiko K3 pada Siswa SD

Mahasiswa KKN Undip mengenalkan risiko K3 pada siswa SDN 01 Desa Tiyaran, Kecamatan Bulu. (Foto: Istimewa)

Sukoharjonews.com (Bulu) – Sejumlah program dilaksanakan oleh mahasiswa KKN Universitas Diponegoro (Undip) di Kabupaten Sukoharjo. Seperti yang dilakukan oleh mahasiswa yang KKN di Desa Tiyaran, Kecamatan Bulu ini yang memberikan sosialisasi kesehatan dan keselamatan kerja kepada siswa kelas IV, V dan VI SDN 01 Tiyaran.


Program tersebut diikuti oleh tiga mahasiswa, yakni Muhammad Agung (Prodi Teknologi Rekayasa Konstruksi Perkapalan), Norma Triana Kusdianingrum (Prodi Teknik Industri), dan Nisrina Nurul Aini (Prodi Teknik Elektro).

Salah satu mahasiswa Norma Triana Kusdianingrum, dalam rilis yang diterima Sukoharjonews.conm, Jumat (11/8/2023), menyampaikan kegiatan tersebut bertujuan untuk menghindari kecelakaan dan penyakit yang ditimbulkan dari kegiatan yang mengabaikan Kesehatan dan Keselamatan Kerja.

“Selain itu juga untuk megurangi kecelakaan dan penyakit akibat kerja, dan untuk menanamkan edukasi K3 dan 5S pada anak usia dini,” ujarnya.


Dalam sosialisasi tersebut, diawali dengan materi Pengoptimalisasian Penerapan K3 di lingkungan SDN 01 Tiyaran. Selain materi, juga dilakukan sesi tanya jawab, dan pemasangan poster di sekolah.

“Kemudian dilanjutkan dengan edukasi terkait keselamatan listrik dan materi penyuluhan siaga gempa bumi dan safety drill sebagai upaya penanganan bencana gempa bumi di SDN 01 Tiyaran. Kami juga menggelar simulasi langsung proses evakuasi saat terjadi gempa,” ujar Norma.

Ia berharap dari program tersebut dapat meningkatkan pengetahuan siswa SD untuk potensi bahaya listrik, bahaya K3 di sekolah, dan upaya penanganan bencana gempa bumi. Dengan kegiatan ini mahasiswa Tim II KKN Undip berharap siswa SD setelah mendapatkan materi memiliki pengetahuan dan menjadi generasi penerus yang paham akan K3 dan penanganan bahaya gempa bumi. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *