PDIP Kembali Menangi Pileg, Tapi Kursi Berkurang Dari 22 Menjadi 20

Ilustrasi Kantor DPC PDI Perjuangan Sukoharjo.

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Pemilu legislatif (Pileg) tingkat kabupaten kembali dimenangkan oleh PDI Perjuangan (PDIP). Hal itu berdasarkan penghitungan sementara DPC PDIP Sukoharjo. Meski berhasil keluar sebagai pemenang, disisi lain jumlah perolehan kursi DPRD justru berkurang. Jika dalam Pileg 2014 PDIP berhasil meraih 22 kursi, dalam Pileg 2019 ini PDIP diperkirakan hanya memproleh 20 kursi.


“Dari penghitungan internal partai, Pileg ini kami memperoleh 20 kursi. Artinya ada pengurangan dua kursi,” ujar Ketua DPC PDIP Sukoharjo Wardoyo Wijaya, Senin (22/4).

Dikatakan Wardoyo yang juga Bupati Sukoharjo tersebut, untuk Dapil 1 (Sukoharjo, Bendosari, Nguter), PDIP berhasil memperoleh empat kursi. Jumlah itu sama dengan perolehan pada Pileg 2014. Sedangkan untuk Dapil 2 (Weru, Tawangsari, Bulu), pihaknya hanya meraih tiga kursi sehingga ada pengurangan satu kursi karena 2014 lalu memperoleh empat kursi.

Untuk Dapil 3 (Baki, Gatak, Kartasura) penghitungan sementara PDIP meraih lima kursi dimana dalam Pileg sebelumnya mendapatkan enam kursi. Untuk Dapil 4 (Grogol), PDIP kembali meraih tiga kursi atau sama dengan perolehan Pileg 2014. Begitu juga dengan Dapil 5 (Mojolaban, Polokarto), PDIP kembali meraih empat kursi atau sama dengan perolehan Pileg sebelumnya.

“Ini hanya berdasarkan penghitungan sementara partai. Penghitungan akhir tetap menunggu hasil di KPU,” ujarnya.

Untuk nama-nama caleg yang berhasil lolos tiap Dapil, Wardoyo mengaku sudah ada yang bisa dipastikan karena perolehan suaranya cukup besar. Meski begitu, ada juga perolehan suara caleg yang suaranya bersaing ketat. Untuk itu, nama-nama caleg yang lolos tetap akan menunggu penghitungan resmi KPU. (erlano putra)


Erlano Putra:
Tinggalkan Komentar