Pawai Pembangunan Meriah, Masyarakat Sukoharjo Penuhi Jalan

Kecamatan Bendosari, Sukoharjo menampilkan replikas sapi saat pawai pembangunan HUT Kemerdekaan RI ke-77 Sukoharjo, Sabtu (20/8/2022).

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Pawai pembangunan dalam rangka HUT Kemerdekaan RI Ke-77 Kabupaten Sukoharjo berjalan meriah. Pawai dimulai dari Patung Jamu Bulakrejo menyusuri Jalan Jenderal Sudirman dan finish di depan Rumah Dinas Bupati. Penampilan kendaraan hias menjadi daya tarik tersendiri karena setiap peserta menampilkan kendaraan hias dengan tema beragam.

Pawai sendiri dimulai pukul 01.00 WIB diawali dengan rombongan marching band. Setelah rombongan marching band barulah diikuti peserta pawai lainnya diawali dari TNI/Polri yang menampilkan sejumlah kendaaran tempurnya masing-masing.

Setelah itu, rombongan camat dan pejabat kecamatan yang naik mobil jeep yang dikuti kendaraan hias dari masing-masing Oeganisasi Perangkat Daerah (OPD). Sayangnya, rombongan kendaraan hias ini terpecah dan disisipi peserta dengan truk kontainer yang menampilkan musik sehingga terkesan semrawut.

Kendaraan hias yang ditampilkan sendiri beragam seperti Dinas Kesehatan yang menampilkan kendaraan hias keranjang buah, Dinas Pertanian dan Perikanan menampilkan kendaraan hias hasil pertanian, Dinas Pemuda dan Olahraga menampilkan kendaraan hias ASEAN Para Games, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang menampilkan replika bangunan dan jembatan.

Selain itu, juga Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil menampilkan kendaraan hias berbentuk kapal, Sekretariat DPRD menampilan replika bangunan Kantor DPRD, Dinas Pangan menampilkan kendaraan hias bentuk helicopter, Kecamatan Bendosari menampilkan replikas sapi.

Begitu juga BUMD juga menampilkan kendaraan hias masing-masing, seperti PDAM yang menampilkan replika kran raksasa yang mengeluarkan air, Bank Sukoharjo menampilkan kendaraan hias replika kantor baru, Bank Jateng juga replika kantor, dan lainnya.

Pawai pembangunan sendiri berlangsung disambut antusiasme masyarakat. Di sepanjang rute kirab, warga terlihat memenuhi sisi jalan. Bahkan, di sejumlah titik, banyak warga yang merangsek hingga bahu jalan. Teriknya sinas matahari tak menyurutkan semangat waga untuk menyaksikan pawai.

Sedangkan panggung kehormatan sendiri berada di depan rumah dinas bupati. Tampak Bupati Sukoharjo, Etik Suryani didampingi suami Wardoyo Wijaya, Wakil Bupati, Agus Santosa serta pejabat Forkopimda.

“Selama pawai berlangsung, jalan Jenderal Sudirman dan beberapa ruas jalan lain ditutup dan dialihkan hingga pawai selesai,” ujar Kabag Prokotol dan Komunikasi Pimpinan Setda Sukoharjo, Budi Santoso. (nano)

Nano Sumarno:
Tinggalkan Komentar