Pantauan Penyembelihan Hewan Kurban, Petugas Masih Temukan Cacing Hati

Penyembelihan hewan kurban disalah satu masjid di Sukoharjo, Selasa (20/7/2021).

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Meski sesuai SE Bupati penyembelihan hewan kurban dilakukan pada hari tasrik 21-23 Juli, tetap saja sudah ada masyarakat yang melakukan penyembelihan hari ini, Selasa (20/7/2021). Dinas Pertanian dan Perikanan Sukoharjo pun menerjunkan petugas untuk memantau penyembelihan hewan kurban di sejumlah lokasi. Hasilnya, petugas masih menemukan adanya cacing di hari hewan kurban khususnya sapi.




“Dari pantauan petugas, ditemukan cacing hati pada sejumlah lokasi penyembelihan. Hati yang ada cacingnya langsung diminta untuk tidak dibagikan. Sebagian besar cacing hati sapi meski ada juga di kambing,” ujar Plt Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Sukoharjo, Bagas Windaryatno.

Menurutnya, hari yang bercacing langsung disingkir dan tidak ikut dibagikan pada masyarakat sebagai bentuk pencegahan. Menurutnya, hati bercacing diminta untuk dikuburkan. Selain itu, masyarakat yang mendapatkan pembagian hati untuk lebih berhati-hati dengan melakukan pemeriksaan terlebih dahulu sebelum dimasak.

Bagas juga mengatakan, hati bercacing jika dikonsumsi memang tidak bergejala apa-apa pada awalnya. Namun, lama kelamaan bisa membuat orang yang mengonsumsi merasa pusing dan mual-mual. “Biasanya cacing hati ini berasal dari pakan rumput yang tertempel cacing dan dimakan oleh sapi ataupun kambing,” katanya.

Disingung tentang proses penyembelihan hewan kurban, Bagas mengaku penyelenggara tetap diwajibkan menerapkan protokol kesehatan. Seperti wajib memakai masker, jaga jarak agar tidak terjadi kerumunan, dan lainnya. Semua itu harus dilakukan sebagai bentuk pencegahan penyebaran virus corona selama penyembelihan hewan kurban di Hari Raya Idul Adha ini.

“Harus dipahami bersama jika saat ini terjadi peningkatan kasus positif corona di Sukoharjo,’ tambahnya. (erlano putra)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed