Panen Padi di Majasto, Petani Kembali Digelontor Alsintan

Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya didampingi istri Etik Suryani saat panen padi di Desa Majasto, Sabtu (7/3/2020),

Sukoharjonews.com (Tawangsari) – Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya melakukan panen padi di Desa Majasto, Sabtu (7/3/2020). Dalam kesempatan itu, Pemkab kembali menyalurkan bantuan alat mesin pertanian (alsintan) untuk para petani, kelompok tani, dan gabungan kelompok tani. Total ada 20 unit alsintan berbagai jenis yang disalurkan pada petani dengan harapan dapat meningkatkan produktivitas padi.


Dalam kesempatan itu, Bupati didampingi istri Etik Suryani, Ketua DPD Wawan Pribadi, Sekretaris Daerah Agus Santosa, dan juga Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan, Netty Harjianti. Bupati mengatakan, panen padi di Desa Majasto tersebut menjadikan bukti jika Kabupaten Sukoharjo masih menjadi panyangga pangan di Jawa Tengah. “Bantuan alsintan juga dalam rangka mewujudkan swasembada pangan seperti yang ditargetkan pemerintah pusat,” ujarnya.

Bupati mengatakan, petani, kelompok tani mapun gabungan kelompok tani yang menerima bantuan alsintan harus merawat dan memanfaatkannya dengan baik. Menurutnya, selama ini sektor pertanian menjadi salah satu prioritas Pemkab Sukoharjo. Pemerintah senantiasa menyalurkan bantuan termasuk alsintan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan petani.

Sedangkan Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Sukoharjo, Netty Harjianti mengatakan, panen padi di Desa Majasto tersebut sangat baik. Pasalnya, untuk satu hektar lahan pertanian mampu menghasilkan padi 73 kuintal. Dalam rangka mendukung petani, Pemkab Sukoharjo menyalurkan 10 alsintan berupa pompa air 10 unit dan hand sprayer 10 unit. “Kami harap bantuan alsintan ini mampu meningkatkan produktivitas padi di Kabupaten Sukoharjo,” ujarnya. (erlano putra)


Erlano Putra:
Tinggalkan Komentar