Panen Cantel atau Sorgum Sang Hyang Seri Capai Hasil 3.5 Ton Bulir Per Hektar, Diatas Rata-rata Dunia

PT Sang Hyang Seri berhasil mencapai raihan panen yang positif dalam pembudidayaan Cantel atau Sorgum. (Foto: KabarBUMN/Jennaira)

Sukoharjonews.com (Jakarta) – Hasil panen Cantel atau Sorgum yang dibudidayakan oleh Anggota BUMN Klaster Pangan ID FOOD, PT Sang Hyang Seri berhasil mencapai raihan positif. Budidaya Sorgun dilakukan di Lahan Lumbung Pangan, Sukamandi, milik PT Sang Hyang Seri. Dalam panen kali ini meraih 3.5 ton bulir Sorgum per hektar dan 35 ton batang sorgum per hektar.

Berdasarkan data PT Sang Hyang Seri, produktivitas sorgum Indonesia mencapai 2 ton/hektar, sedangkan produksi dunia baru mencapai 2,7 ton/hektar. Keberhasilan PT Sang Hyang Seri ini dicapai lewat penerapan praktik pertanian terbaik. Juga pemilihan varietas sorgum yang unggul dalam pengelolaan lahan pertanian.

Adhi Cahyono Nugroho dari PT Sang Hyang Seri menyampaikan rasa bangga dan terima kasih kepada seluruh tim yang terlibat dalam pencapaian ini, serta kepada para petani mitra yang selalu mendukung dan bekerja sama dengan perusahaan.

“Dengan hasil panen yang baik ini, kami semakin termotivasi untuk terus berinovasi dan berkontribusi pada ketahanan pangan nasional. Keberhasilan ini juga menjadi bukti nyata komitmen kami dalam mendukung petani dan menjaga keseimbangan lingkungan, karena SHS maju bersama Petani” ujar Adhi, dilansir dari laman KabarBUMN, Sabtu (13/1/2024).

Menurutnya, PT Sang Hyang Seri berharap hasil panen yang positif ini akan memberikan dampak positif tidak hanya bagi perusahaan tetapi juga potensi sorgum di Indonesia.

Batang Sorgum sendiri memiliki bebeapa manfaat diantaranya, pakan ternak, bio energi, hingga menjadi tanaman konservasi yg dapat meningkatkan keseburan tanah dan mengurangi erosi.

Serta bulir sorgum dapat bermanfaat untuk sumber pangan manusia, pakan ternak hingga industri minuman. (nano)

Nano Sumarno:
Tinggalkan Komentar