Optimalkan Pemantauan Arus Lalu Lintas di Jalur Padat, Dishub Tambah Satu CCTV

Kamera CCTV Dishub Sukoharjo. (Ilustrasi)

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sukoharjo berusaha mengoptimalkan pengawasan arus lalu lintas di jalur padat. Salah satunya dengan menambah jumlah kamera CCTV yang ditempatkan simpang Ngasem, Kecamatan Kartasura. Dengan penambahan satu kamera CCTV tersebut, saat ini total CCTV terpasang sebanyak 27 unit.


“Kami telah menambah pemasangan satu unit kamera CCTV untuk pengawasan arus lalu lintas yang kami tempatkan di simpang Ngasem, Kartasura,” terang Kepala Dishub Sukoharjo, Toni Sribuntoro, Senin (20/12/2021).

Dikatakan Toni, pemasangan kamera CCTV di simpang Ngasem, Kartasura karena menjadi jalur penting perbatasan dan penghubung antara Kabupaten Sukoharjo dengan daerah lain. Faktor lainnya, karena dekat dengan akses pintu keluar masuk jalan tol. Dengan pemasangan kamera CCTV di simpang Ngasem, Kartasura sangat membantu Dishub dalam melakukan pengawasan arus lalu lintas kendaraan.

“Ruas jalan dengan tingkat kepadatan arus lalu lintas kendaraan tinggi serta menjadi jalur penting mendapat prioritas pengawasan. Karena itu ditempatkan petugas jaga atau pemantauan melalui kamera CCTV,” kata Toni.

Toni juga mengatakan, tambahan satu kamera CCTV tersebut membuat total keseluruhan yang sudah terpasang menjadi 27 unit. Sebelumnya pada September 2021 kemarin, Dishub Sukoharjo juga telah menambah pemasangan satu unit kamera CCTV di simpang Patung Jamu Bulakrejo, Sukoharjo.

Sebanyak 27 kamera CCTV yang sudah terpasang sebarannya didominasi di wilayah dengan kepadatan arus lalu lintas kendaraan tinggi. Meliputi Kecamatan Sukoharjo, Bendosari, Grogol, Baki, Gatak, Kartasura dan Nguter. Dua titik pemasangan dilakukan di wilayah Tengklik, Kecamatan Weru dan di Kecamatan Tawangsari karena menjadi jalur penghubung ke Gunungkidul, Yogyakarta.

“Yang belum di wilayah Kecamatan Bulu karena tingkat kebutuhan dan kepadatan arus lalu lintas kendaraan masih sedikit. Tapi, kedepan mungkin bisa saja dipasang satu kamera CCTV Kecamatan Bulu,” tambahnya. (erlano putra)

Erlano Putra:
Tinggalkan Komentar