Oppo Reno7 vs Oppo Reno8 Lite 5G, Cek Perbandingan Spesifikasinya Sebelum Menentukan Pilihan

Oppo Reno7 vs Oppo Reno8 Lite 5G. (Foto: Gizmochina)

Sukoharjonews.com – Tahun ini, Oppo meluncurkan dua mid-ranger dari seri Reno di pasar global, dua perangkat yang tidak diharapkan oleh siapa pun. Ini tentang Oppo Reno7 dalam versi 4G dan Oppo Reno8 Lite 5G yang menghantam pasar Eropa sebelum jajaran Reno8 lainnya. Kedua perangkat ini tidak dikenal dengan nama yang sama di pasar Asia dan merupakan rebrand dari perangkat yang dikenal dengan nama berbeda di India dan China.


Dikutip dari Gizmochina, Minggu (10/7/2022), konektivitas 5G bukan satu-satunya perbedaan antara kedua perangkat ini, meskipun keduanya kelas menengah dan memiliki kisaran harga yang sama. Ini adalah perbandingan spesifikasi Oppo Reno7 dan Oppo Reno8 Lite 5G yang akan memberi tahu Anda perbedaan di antara keduanya.

Desain
Baik Oppo Reno7 dan Oppo Reno8 Lite 5G hadir dengan desain yang memukau dan mereka adalah salah satu kelas menengah yang paling menakjubkan dalam hal estetika. Mana yang harus Anda pilih? Itu sebagian besar tergantung pada selera pribadi Anda. Oppo Reno7 hadir dengan bagian belakang kulit yang bagus tetapi juga menjamin daya tahan yang luar biasa berkat tes laboratorium yang ketat. Ini tahan air berkat IPX4 dan, di sekitar salah satu kamera belakang, ada lampu cincin RGB yang dapat digunakan sebagai LED notifikasi dan disesuaikan melalui ColorOS.

Oppo Reno8 Lite 5G menggantikan bagian belakang kulit dengan kaca belakang dan menambahkan lampu cincin RGB lain di sisi belakang, sehingga Anda mendapatkan dua lampu yang dapat disesuaikan yang berguna sebagai LED notifikasi atau untuk menunjukkan kemajuan pengisian daya baterai. Sama seperti saudaranya, Oppo Reno8 Lite 5G tahan air dengan sertifikasi IPX4.

Kedua handset sangat tipis dan ringan, dengan tepi datar dan bingkai yang terbuat dari polikarbonat. Perbedaan penting lainnya adalah modul kamera: Anda mendapatkan pulau kamera di Reno7, sedangkan di Reno8 Lite 5G sensor ditempatkan langsung di sampul belakang. Kamu lebih suka yang mana?


Penampilan
Salah satu poin terkuat dari kedua handset ini adalah fakta bahwa mereka datang dengan panel AMOLED yang memberikan warna hitam pekat dan warna cemerlang, serta resolusi Full HD+ 1080 x 2400 piksel dan tingkat kecerahan yang cukup baik. Mereka juga dilengkapi dengan pembaca sidik jari dalam layar yang bagus: Saya mencoba kedua ponsel ini dan keduanya cepat dan reaktif. Bahkan diagonalnya sama: 6,43 inci untuk kedua ponsel.

Hanya ada satu perbedaan: kecepatan refresh: Oppo Reno7 memenangkan perbandingan tampilan karena menawarkan kecepatan refresh 90 Hz yang lebih tinggi, sedangkan Oppo Reno8 Lite 5G memiliki kecepatan refresh standar 60 Hz. Kedua handset memiliki speaker mono, tetapi mereka datang dengan jack audio 3,5 mm.

Hardware
Pengaturan perangkat keras paling canggih dimiliki oleh Oppo Reno8 Lite 5G. Pertama-tama, ia memiliki chipset yang lebih baik: Snapdragon 695 5G SoC oleh Qualcomm yang dibangun pada 6 nm dan berjalan pada frekuensi maksimum 2,2 GHz. Chip ini mendukung konektivitas 5G dan terdiri dari dua CPU Kryo 660 Gold yang berjalan pada frekuensi 2,2 GHz, enam CPU Kryo 660 Silver yang berjalan pada 1,7 GHz, dan CPU Adreno 619. SoC dipasangkan dengan RAM hingga 12 GB dan penyimpanan internal UFS 2.2 hingga 128 GB yang dapat Anda kembangkan lebih lanjut dengan slot micro SD.

Oppo Reno7 memiliki platform seluler Qualcomm Snapdragon 680 yang lebih rendah yang dibangun pada 6 nm dan berjalan pada frekuensi maksimum 2,4 GHz, dengan GPU Adreno 610 yang lebih rendah dan tanpa konektivitas 5G. Di sisi lain, Oppo Reno7 menjalankan versi perangkat lunak yang lebih baru: ia memiliki Android 12 di luar kotak, disesuaikan dengan ColorOS 12.1, sedangkan Oppo Reno8 Lite 5G masih dilengkapi dengan Android 11, meskipun disesuaikan dengan ColorOS 12.


Kamera
Kamera utama kedua ponsel ini sama persis: sensor 64 MP dengan aperture fokus f/1.7. Ada juga sensor kedalaman yang sama, tetapi OPPO Reno7 menggantikan kamera makro yang tidak berguna dari Reno8 Lite 5G dengan kamera mikroskop 2 MP yang lebih berguna yang mendukung perbesaran yang lebih baik. Last but not least, Reno7 memiliki kamera depan yang unggul dengan resolusi 32 MP, sedangkan Oppo Reno8 Lite 5G berhenti di 16 MP.

Baterai
Ponsel ini dilengkapi dengan baterai yang sama persis, memiliki teknologi pengisian cepat yang sama dengan daya 33W, dan mendukung pengisian daya terbalik melalui kabel. Daya tahan baterai sangat mirip.

OppoReno7 vs Oppo Reno8 Lite 5G: Harga
Anda membutuhkan sekitar 405 dollar AS atau sekitar Rp6 jutaan untuk membeli Oppo Reno8 Lite 5G dan sekitar 335 dollar AS atau Rp4,9 jutaan untuk Oppo Reno7 jika Anda mengecualikan harga jalanan dan diskon. Secara keseluruhan, jika kami mengecualikan konektivitas 5G dan chipset, Reno7 adalah ponsel yang unggul. Tetapi jika Anda lebih suka memiliki kinerja dan 5G yang lebih tinggi, maka Reno8 Lite 5G adalah pilihan yang lebih baik.

Oppo Reno7 vs Oppo Reno8 Lite 5G: Kelebihan dan Kekurangan

Oppo Reno7
Kelebihan
– Desain kulit
– Lebih terjangkau
– Android 12 di luar kotak
– Kamera mikroskop
– Kamera selfie yang lebih baik
– Kecepatan refresh 90 Hz

Kekurangan
-Tidak ada 5G

Oppo Reno8 Lite 5G
Kelebihan
– 5G
– Dua cincin LED RGB
– Hingga 12 GB RAM
– Chipset yang lebih baik
– Dua cincin LED

Kekurangan
– Kecepatan refresh 60 Hz
– Kamera selfie rendah. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *