‘Oppenheimer’ Dominasi Oscar dengan Tujuh Kemenangan, Berikut Ini Daftar Pemenang Lengkap

Christopher Nolan memenangkan Sutradara Terbaik untuk Oppenheimer pada Oscar Tahunan ke-96 yang diadakan di Dolby Theater pada 10 Maret 2024 di Los Angeles, California. (Foto: Variety)

Sukoharjonews.com – “Oppenheimer” karya Christopher Nolan, sebuah film yang meresahkan di awal era atom, mendominasi Academy Awards ke-96 pada hari Minggu, memenangkan tujuh penghargaan, termasuk film terbaik dan sutradara terbaik. Film tersebut, yang mendapatkan resonansi tambahan pada saat terjadi konflik internasional, juga meraih Oscar untuk penampilan utama Cillian Murphy sebagai pemeran utama J. Robert Oppenheimer dan Robert Downey Jr. sebagai birokrat pendendam.

Dikutip dari Variety, Selasa (12/3/2024), bagi Nolan, penghargaan tersebut datang setelah sejarahnya yang rumit dengan Oscar – ia dinominasikan tujuh kali sebelumnya, termasuk untuk mengarahkan “Dunkirk,” serta untuk karyanya pada film seperti “Memento” dan “Inception.” Namun Akademi menolak film terbesarnya, “The Dark Knight” untuk film dan sutradara terbaik, sebuah kelalaian yang memicu kemarahan dan mendorong organisasi tersebut untuk meningkatkan jumlah film yang dinominasikan untuk film terbaik tahun ini dari lima menjadi sepuluh. Akhirnya mendapatkan Oscar, Nolan, yang sangat mendukung pengalaman layar lebar, memberikan penghormatan kepada bentuk seni yang ia sukai.

“Film baru berusia lebih dari 100 tahun,” katanya. “Saya membayangkan 100 tahun berkecimpung dalam dunia seni lukis atau teater. Kami tidak tahu ke mana arah perjalanan luar biasa ini selanjutnya, tetapi mengetahui bahwa menurut Anda saya adalah bagian yang berarti dari perjalanan ini sangat berarti bagi saya,” ujarnya.

Tujuh tahun setelah memenangkan “La La Land,” Emma Stone meraih Oscar aktris terbaik keduanya untuk “Poor Things.” Stone berperan sebagai wanita kekanak-kanakan yang memulai perjalanan penemuan jati diri dalam fantasi steampunk. Dia berterima kasih kepada sutradaranya Yorgo Lanthimos, yang baru saja membuat film lain dengannya, “Kinds of Kindness,” sambil juga merefleksikan sifat kolaboratif sinema.

“Bagian terbaik dalam membuat film adalah kita semua bersama-sama,” katanya. “Saya merasa sangat tersanjung untuk berbagi hal ini dengan setiap pemeran, dengan setiap anggota kru, dengan setiap orang yang telah mencurahkan cinta, perhatian, dan kecemerlangan mereka dalam pembuatan film ini.”

Kemenangan Stone adalah satu dari empat kemenangan “Poor Things,” yang juga meraih penghargaan di beberapa kategori teknis.

Da’vine Joy Randolph meraih penghargaan aktris pendukung terbaik untuk perannya sebagai manajer kafetaria yang berduka dan bergulat dengan kematian putranya dalam “The Holdovers”.

“Oppenheimer” dengan pokok bahasannya yang serius merupakan perubahan arah bagi Downey, yang menghabiskan sebagian besar dua dekade terakhirnya bermain Iron Man di film-film Marvel. “Inilah rahasia kecil saya: Saya lebih membutuhkan pekerjaan ini daripada membutuhkan saya,” kata Downey.

Aktor tersebut, yang berjuang melawan kecanduan narkoba selama sebagian besar tahun 1990-an dan awal tahun sebelum sadar dan kembali, berterima kasih kepada Tom Hansen, pengacaranya selama 40 tahun.

“American Fiction,” sebuah sindiran yang mengeksplorasi ras dan seni, memenangkan skenario adaptasi terbaik, sedangkan drama ruang sidang “Anatomy of a Fall,” mendapatkan skenario asli terbaik. “20 Days in Mariupol,” sebuah laporan mengerikan dari sebuah kota di Ukraina yang terkepung, memenangkan penghargaan film dokumenter terbaik.

Billie Eilish membuat sejarah, menjadi penerima Oscar dua kali termuda pada usia 22 tahun setelah memenangkan lagu terbaik untuk lagu balada “Barbie” “What Was I Made For?” Dia ikut menulis lagu tersebut bersama saudara laki-lakinya, Finneas O’Connell — pasangan ini sebelumnya menang karena menulis tema untuk “No Time to Die” tahun 2021.

Di sisi lain, Hayao Miyazaki menjadi pemenang tertua fitur animasi terbaik untuk “The Boy and the Heron.” Maestro animasi Jepang berusia 83 tahun ini sebelumnya memenangkan penghargaan “Spirited Away” pada tahun 2002.

Berikut ini daftar pemenang Oscar2024:

– Best Picture: “Oppenheimer,” Emma Thomas, Charles Roven and Christopher Nolan, producers
– Best Director: Christopher Nolan — “Oppenheimer”
– Actor in a Leading Role: Cillian Murphy — “Oppenheimer”
– Actress in a Leading Role: Emma Stone — “Poor Things”
– Actor in a Supporting Role: Robert Downey Jr. — “Oppenheimer”
– Actress in a Supporting Role: Da’Vine Joy Randolph — “The Holdovers”

– Adapted Screenplay: “American Fiction,” written for the screen by Cord Jefferson
– Original Screenplay: “Anatomy of a Fall,” screenplay by Justine Triet and Arthur Harari
– Cinematography: “Oppenheimer” – Hoyte van Hoytema
– Original Song: “What Was I Made For?” from “Barbie,” music and lyric by Billie Eilish and Finneas O’Connell
– Costume Design: “Poor Things” – Holly Waddington
– Sound: “The Zone of Interest,” Tarn Willers and Johnnie Burn

– Original Score: “Oppenheimer” – Ludwig Göransson
– Live Action Short Film: “The Wonderful Story of Henry Sugar,” Wes Anderson and Steven Rales
– Animated Short Film: “War Is Over! Inspired by the Music of John & Yoko,” Dave Mullins and Brad Booker
– Documentary Feature Film: “20 Days in Mariupol,” Mstyslav Chernov, Michelle Mizner and Raney Aronson-Rath
– Documentary Short Film: “The Last Repair Shop,” Ben Proudfoot and Kris Bowers
– International Feature Film: “The Zone of Interest” (United Kingdom)

– Animated Feature Film: “The Boy and the Heron,” Hayao Miyazaki and Toshio Suzuki
– Makeup and Hairstyling: “Poor Things,” Nadia Stacey, Mark Coulier and Josh Weston
– Production Design: “Poor Things,” production design: James Price and Shona Heath; set decoration: Zsuzsa Mihalek
– Film Editin: “Oppenheimer” – Jennifer Lame
– Visual Effects: “Godzilla Minus One,” Takashi Yamazaki, Kiyoko Shibuya, Masaki Takahashi and Tatsuji Nojima. (nano)

Nano Sumarno:
Tinggalkan Komentar