Nikon Z8 Mendatang Siap Menjadi Versi Ringkas Kamera Pro Terbaik Dunia

Nikon Z8. (Foto: Gizmochina)

Sukoharjonews.com – Teknologi terus maju dan membuat hidup kita lebih mudah. Misalnya, kamera yang dulunya cukup besar kini bisa ditemukan di ponsel flagship seperti iPhone 14 Pro atau Galaxy S23 Ultra. Meskipun kualitas kamera smartphone ini sedikit meningkat di setiap model baru, namun tetap tidak memuaskan para profesional. Di sinilah pabrikan seperti Nikon masuk.

Dilansir dari Gizmochina, Minggu (30/4/2023), perusahaan tersebut telah lama dikenal memproduksi model kamera yang melayani pelanggan yang lebih menuntut. Menurut informasi terkini, Nikon sedang mengerjakan model New Z8, yang akan menjadi versi lebih kecil dari kamera profesional terbaik dunia.

Nikon telah membuat gebrakan di pasar kamera dengan model Z9 yang baru dirilis. Perangkat ini mendapat sambutan hangat dari para kritikus dan terkenal sebagai salah satu kamera terbaik oleh fotografer. Perusahaan ini sekarang sedang mengerjakan model baru, dengan bocoran informasi yang mengungkapkan detail tentang Nikon Z8 yang dinanti-nantikan. Z8 diharapkan menghadirkan fitur berkinerja tinggi dalam paket yang lebih kecil dan lebih ringkas daripada Nikon Z9.

Selain itu, Nikon Z8 diatur untuk menampilkan sensor bertumpuk 45,7MP yang sama dengan Z9, memberikan gambar beresolusi tinggi. Kamera diharapkan menawarkan pemotretan burst pada 20 FPS untuk foto RAW dan hingga 120 FPS untuk JPEG. Kedua kamera dilaporkan berbagi kecepatan rana 1/32.000 detik, serta rentang ISO asli 64-25.600 dan kemampuan merekam video 8K pada 60 FPS.

Salah satu perbedaan utama antara kedua model tersebut adalah ukuran Z8 yang lebih kecil dan bobot yang lebih ringan. Diperkirakan beratnya di bawah satu kilogram dan berukuran 144 x 118 x 83 mm (5,6 x 4,6 x 3,2 inci).

Z8 juga diharapkan menawarkan ketahanan debu dan kelembaban yang lebih baik dibandingkan dengan Z9, mirip dengan perlindungan yang diberikan oleh Nikon D850. Kamera dikabarkan menampilkan layar LCD 3,2 inci di bagian belakangnya.

Aspek penting lainnya dari Nikon Z8 adalah stabilisasi gambar 5-sumbu built-in dengan enam stop. Tanggal rilis untuk Nikon Z8 masih belum pasti, tetapi Nikon Rumors berspekulasi bahwa itu akan diluncurkan pada awal Mei atau sekitar Agustus. (nano)

Nano Sumarno:
Tinggalkan Komentar