Nikmati Kesehatan Lebih Baik dengan Teh Bunga yang Ampuh Ini

Jenis teh bunga untuk kesehatan.(Foto: indozone)

Sukoharjonews.com – Bunga harum dan indah, tetapi tahukah Anda bahwa bunga yang lembut dan berwarna-warni ini juga memiliki banyak manfaat kesehatan yang luar biasa? Cukup dengan merendam kelopak bunga segar atau kering dalam air panas, Anda dapat membuat teh bunga yang menenangkan dan harum . Sebagian besar teh bunga kaya akan antioksidan, dan mengonsumsinya dapat membantu menurunkan berat badan, mengelola stres, meningkatkan kesehatan kulit, dan mengendalikan peradangan.

Dikutip dari NDTV Food, pada Sabtu (26/10/2024), berikut teh bunga yang ampuh untuk kesehatan tubuh:

1. Teh kembang sepatu
Kembang sepatu kaya akan antioksidan seperti flavonoid, beta karoten, dan vitamin C, yang menghambat oksidasi kolesterol jahat. Beberapa penelitian yang meneliti efek ekstrak kembang sepatu menemukan bahwa kembang sepatu dapat menurunkan tekanan darah sistolik , catat ahli gizi Garima Goyal. Namun, penting untuk berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan sebelum mengonsumsi teh kembang sepatu jika Anda sudah mengonsumsi obat antihipertensi.

2. Teh kamomil
Teh kamomil dibuat dengan merendam bunga kamomil kering dalam air panas. Hasilnya adalah teh yang harum dan menenangkan dengan rasa yang lembut. Teh kamomil dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Tidak seperti pilihan yang mengandung kafein, kamomil menawarkan alternatif yang menenangkan untuk secangkir teh malam Anda. Ritual menyeruput teh kamomil dapat dengan lembut menenangkan pikiran Anda.

3. Teh mawar
Teh mawar dapat dibuat dengan mencampurkan kelopak mawar kering dengan bubuk teh pilihan Anda atau dengan merebus kelopak mawar segar dengan air. Mawar memiliki sifat anti-inflamasi karena adanya antioksidan. Teh mawar juga dapat melancarkan pencernaan.

4. Teh lavender
Teh lavender dibuat dengan menyeduh kuncup ungu tanaman Lavandula angustifolia dengan air panas. Lavender banyak digunakan sebagai agen aromaterapi untuk meningkatkan suasana hati. Penelitian tentang ekstrak lavender menunjukkan bahwa lavender dapat menenangkan saraf, meningkatkan kualitas tidur, dan meningkatkan kesehatan kulit.

5. Teh bunga telang
Teh biru, atau teh bunga telang, adalah ramuan herbal bebas kafein yang dibuat dengan menyeduh daun tanaman Clitoria ternatea yang dikeringkan atau segar. Teh biru kaya akan antioksidan, yang membuat kulit tampak lebih muda dan lebih sehat dari dalam. Flavonoid yang ada dalam teh biru juga dapat merangsang produksi kolagen. Selain itu, teh biru mengandung katekin, yang membantu menurunkan berat badan.(cita septa)

Cita Septa Habibawati:
Tinggalkan Komentar