Nanas, Si Kuning yang Ternyata Kaya Akan Manfaat

Nanas, si kuning yang ternyata kaya akan manfaat. (Foto : Purplle)

Sukoharjonews.com – Buah nanas merupakan salah satu buah yang digemari. Hal ini karena rasa buah nanas yang asam dan manis yang menjadikan orang-orang gemar mengonsumsinya.

Selain dipercaya mempunyai banyak nutriso seperti vitamin b, vitamin c, mineral dan serat, buah ini juga dapat melancarkan pencernaan. Dilansir dari Cleveland Clinic yang dilansir dari berbagai sumber, pada Jumat (3/3/2023), berikut manfaat dari buah nanas:

1. Melawan peradangan
“Peradangan adalah proses alami yang terjadi dalam tubuh kita untuk membantu melawan penyakit,” jelas Zumpano, “tetapi terlalu banyak peradangan, terutama dalam waktu lama, dapat menyebabkan kondisi seperti artritis reumatoid dan kanker.”

Kekuatan anti-inflamasi pada bromelain dapat membantu melawan peradangan dan dapat menekan pertumbuhan tumor tertentu. Tentu saja, makan nanas bukanlah jaminan bebas kanker. “Tetapi makan banyak buah dan sayuran berwarna, termasuk nanas, adalah cara yang baik untuk membantu mencegah kanker dan kondisi kesehatan lainnya,” kata Zumpano.

2. Meredakan nyeri sendi
Kekuatan anti-inflamasi bromelain nanas dapat meredakan nyeri bagi penderita osteoarthritis. “Jika Anda menderita nyeri sendi akibat osteoarthritis, coba tambahkan nanas ke dalam makanan Anda,” saran Zumpano, “tetapi jangan berhenti minum obat atau mengubah dosis Anda tanpa berbicara dengan dokter Anda.”

3. Membantu menurunkan berar badan
Sebagian besar ahli penurunan berat badan merekomendasikan diet kaya buah dan sayuran jika Anda mencoba menurunkan berat badan. Tetapi nanas bisa menjadi BFF (sahabat buah terbaik) diet Anda karena enzimnya mungkin membantu pembakaran lemak.

“Studi tentang nanas sebagai bantuan penurunan berat badan hanya berbasis hewani, jadi kami membutuhkan lebih banyak bukti dari klaim ini,” catat Zumpano. “Tetapi menambahkan beberapa buah sehat ini ke dalam diet Anda tentu saja tidak ada salahnya.”

4. Memberi banyak nutrisi
Nanas rendah kalori dan tinggi vitamin dan mineral. Satu cangkir potongan nanas akan menghasilkan antara lain: Vitamin C yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda dan juga dapat membantu melawan kanker, penyakit jantung, dan radang sendi.

Vitamin B yang membantu tubuh Anda memproses energi dari makanan yang Anda makan. Mereka juga penting untuk membentuk sel darah merah baru, yang membawa oksigen ke organ dan jaringan Anda. Nanas juga mengandung beberapa mineral yang dibutuhkan tubuh Anda untuk berfungsi dengan baik, termasuk tembaga, kalium, dan magnesium. (cita septa)

Cita Septa Habibawati:
Tinggalkan Komentar