MVCagiva Xingtu 150, Skuter Kloning Yamaha NMax Diluncurkan

MVCagiva Xingtu 150. (Foto: Gizmochina)

Sukoharjonews.com – Meski industri roda dua di China kini sudah berkembang ke level kelas dunia, namun masih ada beberapa pabrikan yang masih menggunakan metode reverse engineering atau sengaja mengganti beberapa komponen kendaraan dengan tetap menjaga kondisi asli kendaraan dari merek ternama. Seperti MVCagiva yang baru saja meluncurkan model skuter baru dengan nama Xingtu 150.

Dikutip dari Greatbiker, Kamis (4/7/2024), MVCagiva bukanlah pendatang baru di kancah roda dua China, telah berdiri sejak tahun 2019 dan terus mengembangkan dan mendistribusikan produk, kini memiliki lebih dari 40 produk di bawah payungnya, termasuk sepeda motor, skuter, dan skuter EV.

Sebagian besar produk merupakan desain yang direkayasa ulang dan direkayasa ulang dari merek-merek terkenal, terutama merek Jepang, dan kemudian dibuat dengan cara tersendiri.

Layaknya produk terbaru dari brand tersebut, Xingtu 150 merupakan pengulangan dari desain Nmax gen 2, namun ternyata terdapat beberapa perbedaan pada detailnya, termasuk pada desain garis-garis roda. Xingtu ternyata menggunakan ukuran pelek yang simetris, dengan roda depan berukuran 14 inci dan roda belakang berukuran 13 inci. Desain kaliper dan posisi rem cakram juga berbeda.

MVCagiva Xingtu 150. (Foto: Gizmochina)

Yang menarik dari Xingtu 150 ini adalah beberapa elemen yang tidak terdapat pada Nmax atau model terbaru Nmax Turbo, yaitu kaca depan yang dapat diatur secara elektrik. Itu dapat dikontrol secara elektronik melalui satu tombol di sakelar. Tak hanya itu, Xingtu juga sudah mengadopsi teknologi hybrid.

Meski kapasitas mesinnya hanya 150 cc, namun memiliki tenaga 10,5 tenaga kuda (kW) pada 8.500 rpm dan torsi maksimum 14 Nm pada 6.000 rpm, dengan sistem motor hybrid yang menggerakkan tenaga listrik untuk membantu saat start berjalan. mirip dengan sistem hybrid pada Yamaha Grand Filano Hybrid.

Fitur andalan lainnya pada skutik ini antara lain sistem Stop Start, sistem Smartkey, port pengisian USB, layar full digital, sistem Traction CONtrol, sistem ABS, tangki bahan bakar 13 liter yang cukup besar jika dibandingkan Nmax. Pabrikan mengklaim mobil tersebut hanya akan menggunakan bahan bakar 2,3 liter per 100 kilometer.

Terakhir, hal yang paling menguntungkan dari sepeda motor China adalah harganya. MVCagiva Xingtu 150 akan dijual di China dengan harga 9.680 yuan atau hanya Rp21,7 jutaan. Hampir setengah harga Nmax, namun hadir dengan inovasi unggul dan inferior, namun diimbangi dengan nilainya yang mudah dijangkau. (nano)

Nano Sumarno:
Tinggalkan Komentar