Mudah Ditanam Dirumah , ini Tanaman yang Ampuh Mengusir Kecoak

Tanaman ampuh usir kecoa. (Foto : Pexels)

Sukoharjonews.com – Kecoak merupakan salah satu serangga yang hampir ditakuti oleh kebanyakan orang. Aromanya yang bau dan gerakkannya yang cepat sering menjadi alasan mengapa banyak orang takut dengan hewan yang memiliki antena panjang satu ini. Selain itu, tak sedikit orang yang berpendapat jika kecoak bisa membawa bakteri yang menyebabkan penyakit.

Dilansir dari Beautynesia , Jum;at (11/8/2023) , inilah yang membuat orang tidak suka dengan kecoak dan ingin mengusirnya dari rumah. Pasalnya, selain gerakkannya yang cepat dan menggelikan ketika berjalan di kulit, kecoak juga bisa berpindah-pindah tempat dengan mengandalkan sayapnya. Bahkan hewan berwarna coklat ini juga memiliki toleransi yang tinggi terhadap polutan dan mudah berkembang biak di mana pun, termasuk di tempat sampah sehingga sulit untuk mengusirnya dalam sekejap.

Kendati demikian, jika kamu ingin benar-benar mengusir kecoak dari rumah tanpa cara yang sulit maka ada satu solusinya, yakni dengan menanam tanaman yang tidak disukai kecoak. Sebab, ada beberapa tanaman tertentu yang aromanya dibenci oleh hewan bermata majemuk besar itu. Berikut tanaman pengusir kecoak yang mudah ditanam di rumah.

Rosemary
Tanaman pertama yang ampuh untuk mengusir kecoak dari rumah adalah rosemary. Rosemary merupakan tanaman beraroma harum yang berasal dari Mediterania. Sebagaimana yang dilansir dari Pond Informer, rosemary memiliki aroma yang sangat kuat dari batang dan daunnya, yang mana aroma ini tidak disukai oleh kecoak.

Selain itu, rosemary juga dapat mengeluarkan minyak yang menjijikkan menurut kecoa. Minyak rosemary terasa pahit dan sangat harum. Saat diuji daya tolak dan toksisitasnya terhadap kecoa berpita coklat (Supella longipalpa), minyak esensial dari rosemary ini terbukti sangat efektif pada konsentrasi rendah. Hanya dengan tetesan larutan minyak rosemary saja sudah bisa membuat kecoak mati dengan tingkat keberhasilan 100 persen.

Sementara itu, bagi kamu yang ingin menanam rosemary di rumah caranya cukup mudah. Sebab, rosemary tidak membutuhkan banyak air dan hanya membutuhkan banyak sinar matahari saja. Oleh karena itu, tanaman ini cocok ditanam di kondisi yang cerah dan hangat (lebih dari 50°F). Untuk posisi penempatannya, kamu bisa meletakkan pot rosemary di ambang jendela karena tanaman ini membutuhkan tanah yang cepat kering.

Mint
Selanjutnya, mint. Sudah bukan menjadi rahasia jika daun mint terkenal dengan aromanya yang sangat kuat. Meskipun aroma ini disukai oleh kebanyakan manusia, namun tidak demikian dengan kecoak. Sebab, mint memiliki sifat ofensif dan beracun bagi banyak hama, termasuk dengan kecoak. Bahkan dalam sebuah studi menunjukkan bahwa minyak dalam daun mint mampu membunuh kecoak.

Untuk memaksimalkan efek pengusiran kecoak dari tanaman mint, kamu dapat menanamnya di luar ruangan, seperti di bagian utama taman dan di sepanjang jalan masuk. Tanaman ini sangat cepat tumbuh sehingga sebaiknya disimpan dalam wadah dan ditempatkan di bawah sinar matahari.

Selain itu, pastikan tanahnya kering dan diberikan air yang teratur. Apabila sudah tumbuh dengan subur, kamu dapat menggunakan minyak esensialnya dengan memasukkannya ke dalam botol semprot untuk kemudian disemprotkan ke setiap area yang sering didatangkan kecoak.

Daun Salam
Daun salam merupakan salah satu tanaman yang populer di kalangan masyarakat karena tanaman ini kerap digunakan sebagai bahan campuran untuk bumbu dapur ketika memasak. Meskipun kebanyakan orang menggunakan daun salam sebagai bumbu dapur, namun ternyata daun salam juga bisa digunakan untuk mengusir serangga seperti kecoak yang ada di rumah.

Hal ini karena daun salam memiliki aroma kuat yang sangat dibenci oleh kecoak. Sehingga jika kamu ingin mencoba mengusir kecoak dari rumah maka kamu bisa mencoba menanam daun salam. Kamu dapat menanamnya di dalam atau di luar ruangan, namun jika memungkinkan, pilihlah tempat dengan kondisi yang cerah dan lembab. Selain itu, pastikan tanahnya berdrainase baik.

Serai
Masih dari bagian tanaman bumbu dapur. Kali ini, ada serai. Serai merupakan salah satu anggota keluarga Poaceae yang paling harum. Dikenal karena daunnya yang berpinggiran halus dan panjang berwarna biru kehijauan, tanaman ini sangat mudah dipelihara dan dapat tumbuh di daerah yang hangat. Kebanyakan orang yang menyukai dan menggunakan serai karena daunnya yang memiliki aroma dan rasa yang kuat untuk masakan. Hal ini karena serai menghasilkan minyak esensial beraroma jeruk.

Meskipun serai disukai oleh banyak orang, namun aromanya yang kuat ini sangat dibenci oleh kecoak. Selain itu, serai mengandung limonene. Ini merupakan fitokimia dari minyak serai yang bersifat insektisida. Senyawa ini secara alami mampu mengusir kecoak dan banyak serangga lainnya. Bahkan dalam uji toksisitasnya terlihat keefektifan serai sebagai pembunuh kecoak yang mematikan.(patrisia argi)

Patrisia Argi Satuti:
Tinggalkan Komentar