Mitos Tentang Permen Karet yang Umum Didengar

Mitos tentang permen karet.(Foto: seruni)

Sukoharjonews.com – Banyak sekali mitos-mitos yang beredar mengenai bagaimana mengonsumsi permen karet berpengaruh pada kesehatan tubuh. Sayangnya tidak semuanya benar, beberapa mitos yang tidak benar tersebut kerap dipercaya dan diterapkan oleh sebagian orang.


Permen karet memiliki ragam rasa dan warna yang bervariasi. Ada yang rasa buah-buahan, daun mint, hingga original bebas gula. Menjadi camilan tepat di kala kebosanan, permen karet biasa dikonsumsi anak kecil hingga orang dewasa di saat-saat tertentu. Walaupun permen karet tidak diciptakan untuk ditelan, namun jika tidak sengaja tertelan umumnya tidak berbahaya. Dikutip dari Young On Top, pada Sabtu (11/5/2024), berikut mitos tentang permen karet:

1. Menempel di Lambung
Salah satu kesalahpahaman yang paling umum adalah bahwa jika Anda menelan permen karet, itu akan menempel di lambung Anda selama bertahun-tahun. Namun, fakta sebenarnya adalah bahwa lambung mampu mencerna benda-benda kecil seperti permen karet.

2. Mengandung Bahan Kimia Berbahaya
Meskipun beberapa permen karet mungkin mengandung bahan tambahan seperti pewarna buatan atau pemanis, industri permen karet diatur dengan ketat dan produknya harus memenuhi standar keamanan yang ketat.


3. Menyebabkan Masalah Pencernaan
Beberapa orang percaya bahwa mengunyah permen karet dapat menyebabkan masalah pencernaan seperti sakit perut atau gangguan pencernaan lainnya. Namun, tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa permen karet memiliki efek negatif pada pencernaan.

4. Membuat Gigi Berlubang
Ada kesalahpahaman bahwa mengunyah permen karet dapat menyebabkan kerusakan gigi. Namun, jika Anda memilih permen karet tanpa gula, ini dapat membantu merangsang produksi air liur dan membantu membersihkan sisa makanan dari gigi.

5. Menyebabkan Ketagihan
Meskipun ada yang percaya bahwa mengunyah permen karet dapat membuat Anda kecanduan, tidak ada bukti ilmiah yang mendukung klaim ini. Meskipun demikian, beberapa orang mungkin merasa sulit untuk berhenti mengunyah permen karet karena kebiasaan.


6. Membuat Wajah Tampak Lebih Tirus
Beberapa orang percaya bahwa mengunyah permen karet dapat membuat otot-otot wajah lebih ramping. Namun, tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa permen karet memiliki efek langsung pada bentuk wajah.(cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *