Mitos Seputar Ubi Cilembu yang Perlu Anda Ketahui

Mitos ubi cilembu.(Foto: clickinfo)

Sukoharjonews.com – Ubi cilembu atau disebut juga ubi madu merupakan salah satu jenis ubi jalar lokal yang berasal dari Desa Cilembu, Kecamatan Pamuliah, Sumedang, Jawa Barat. Ubi cilembu mulai dikenal sejak 1990-an dan hanya ada di Indonesia.

Rasa ubi ini sangat manis dan pulen, berbeda dengan ubi kebanyakan. Rasa manisnya akan lebih keluar bila ubi dibakar dalam oven, apalagi apabila ubi mentah telah disimpan lebih dari seminggu. Rasa manis ini menjadi sumber energi bagi yang mengonsumsinya, terutama cocok untuk diet.

Ubi cilembu adalah makanan yang lezat dan bergizi yang sering kali menjadi bahan makanan yang dikelilingi oleh sejumlah kesalahpahaman. Dikutip dari Young On Top, pada Rabu (12/6/2024) berikut mitos seputar ubi cilembu yang perlu Anda ketahui:

1. Ubi Cilembu Hanya Enak Digoreng
Nah, ini dia! Walaupun emang enak banget kalau digoreng, tapi ubi cilembu juga bisa diolah jadi berbagai macam makanan, mulai dari kue, bubur, sampe es krim! Variasinya bisa banget, deh!

2. Ubi Cilembu Hanya Bisa Ditanam di Cilembu
Sebenernya, ubi cilembu nggak cuma bisa tumbuh di Cilembu aja, Bro! Dia juga bisa tumbuh di tempat lain yang punya iklim dan tanah yang cocok.

3. Warnanya Merah karena Pewarna
Kamu mungkin pernah denger, ubi cilembu warnanya merah karena ditambah pewarna. Tapi, faktanya, warna merah alami berasal dari senyawa alami dalam tanah dan proses pengolahannya.

4. Ubi Cilembu Cuma Manis, Gak Nutrisi
Ini dia yang sering disangka banyak orang. Padahal, ubi cilembu itu kaya banget akan serat, vitamin, dan antioksidan, lho. Jadi, jangan remehkan si manis ini!

5. Ubi Cilembu Cuma Buat Orang Dewasa
Nah, ini mitosnya! Ubi cilembu bisa dinikmati semua usia, dari anak-anak sampe orang tua. Selain rasanya yang enak, kandungan nutrisinya juga bagus buat pertumbuhan kita, lho.

6. Gak Cocok Buat Diet
Eits, jangan salah! Meskipun rasanya manis, tapi ubi cilembu punya indeks glikemik yang rendah, jadi aman buat kamu yang lagi diet.

7. Hanya Tersedia di Pasar Tradisional
Tuh, salah lagi! Sekarang, kamu bisa temuin ubi cilembu di supermarket atau toko-toko modern lainnya. Jadi, nggak perlu repot ke pasar tradisional lagi, deh.

Demikian beberapa mitos yang masih dipercaya tentang ubi cilembu.(cita septa)

Cita Septa Habibawati:
Tinggalkan Komentar