Minyak Bawang Putih untuk Rambut: 6 Cara Mudah untuk Mendapatkan Rambut Berkilau dan Kuat

Manfaat minyak bawang untuk rambut.(Foto: nakita)

Sukoharjonews.com – Bawang putih merupakan bahan penting di sebagian besar rumah tangga. Rasanya yang khas menambah cita rasa pada hidangan apa pun. Bawang putih juga banyak digunakan sebagai obat rumahan karena nutrisinya yang penting dan kemampuan terapeutiknya. Salah satu manfaat bawang putih yang kurang dikenal adalah dapat mengendalikan rambut rontok dan meningkatkan pertumbuhan rambut. Orang-orang tahu bahwa bawang membantu mengendalikan rambut rontok, tetapi bawang putih juga merupakan bahan yang sangat baik untuk rambut yang kuat dan berkilau. Tidak heran mengapa minyak bawang putih, yang kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan, telah mendapatkan popularitas di dunia kecantikan.

Dikutip dari Healthshots, pada Jumat (16/7/2024), minyak bawang putih tentunya merupakan obat penumbuh rambut yang dapat disertakan oleh siapa saja dalam rutinitas perawatan rambut mereka. Minyak ini merupakan sumber nutrisi yang mendorong pertumbuhan rambut dan kesehatan kulit kepala secara keseluruhan. Sulfur dan selenium dalam bawang putih membantu memperkuat batang rambut, sehingga mengurangi kerontokan rambut . Allicin, senyawa utama dalam bawang putih, meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala dan memastikan bahwa folikel rambut menerima nutrisi penting. Selain itu, sifat antimikroba dari minyak bawang putih menjaga kulit kepala bebas dari infeksi, sehingga mendorong lingkungan yang sehat untuk pertumbuhan rambut. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients , bawang putih dapat melindungi keratinosit dari kerusakan ultraviolet (UV) dan menunjukkan janji sebagai zat untuk mengurangi munculnya penuaan. Keratinosit adalah sel-sel kulit yang membuat keratin. Sel-sel ini ditemukan pada lapisan luar kulit, termasuk kulit kepala, serta pada folikel rambut Anda.

Manfaat minyak bawang putih untuk rambut
Minyak bawang putih, yang sering diabaikan sebagai bahan masakan, menawarkan berbagai manfaat yang mengejutkan bagi rambut Anda.

1. Meningkatkan pertumbuhan rambut
Minyak bawang putih mengandung sulfur, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Food Science and Nutrition , yang diperlukan untuk produksi keratin, protein yang membentuk rambut. Ia mendorong pertumbuhan rambut yang sehat dengan meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala dan menutrisi folikel rambut.

2. Memerangi rambut rontok
Mengalami kerontokan rambut dan tidak berhasil setelah mencoba minyak dan masker rambut? Gunakan minyak bawang putih. Nutrisi dalam minyak bawang putih dapat memperkuat akar rambut, mengurangi kerusakan dan kerontokan. Minyak bawang putih juga membantu menyeimbangkan hormon, yang dapat menyebabkan kerontokan rambut. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of the American Academy of Dermatology menemukan bahwa penggunaan minyak bawang putih secara teratur pada rambut membantu mengobati alopecia areata. Kondisi ini merupakan kondisi autoimun yang menyebabkan kerontokan rambut di mana saja di tubuh Anda, meskipun biasanya memengaruhi rambut di kulit kepala Anda.

3. Melawan infeksi kulit kepala
“Kemampuan antibakteri dan antijamur yang kuat dari minyak bawang putih secara efektif mengatasi ketombe , gatal, dan iritasi kulit kepala lainnya, serta mendorong pertumbuhan rambut yang sehat,” kata sang ahli. Jadi, jika Anda menderita salah satu infeksi kulit kepala ini dan mencari pengobatan rumahan yang mudah untuk menghilangkannya, memasukkan minyak bawang putih ke dalam perawatan rambut Anda dapat membantu.

4. Menambah kilau dan mengurangi rambut kusut
Minyak bawang putih mengandung vitamin dan mineral yang dapat menutrisi batang rambut. Hal ini dapat membuat rambut Anda lebih berkilau, kuat, dan lebih kuat. Minyak bawang putih memiliki sifat pelembap alami yang dapat membantu mengendalikan rambut kusut, membuat rambut Anda halus dan mudah diatur.(cita septa)

Cita Septa Habibawati:
Tinggalkan Komentar