Minuman Yang Terbukti Dapat Mengatur Kadar Kolesterol Secara Alami

Minuman mengatur kolesterol. (Foto: highend)

Sukoharjonews.com – Kolesterol memang pantas disebut sebagai ‘silent killer’. Ini adalah zat lemak dalam tubuh kita yang kita butuhkan dalam jumlah besar untuk membangun sel dan meningkatkan fungsi tubuh. Ketika kadar kolesterol naik, ia bereaksi negatif, menghalangi aliran darah dan meningkatkan risiko jantung. Yang mengejutkan Anda, dalam kedua kasus tersebut, pola makan harian Anda memiliki peran utama.

Tapi jangan khawatir, minuman juga bisa menjadi solusi masalah Anda. Yang perlu Anda lakukan hanyalah membatasi asupan kalori dan menggantinya dengan peningkatan yang sehat untuk menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat) dalam tubuh. Dikutip dari NDTV Food, pada Rabu (13/12/2023), berikut minuman yang terbukti dapat mengatur kadar kolesterol dalam tubuh:

1. Teh Hijau
Sekarang kita semua tahu betapa bermanfaatnya secangkir teh hijau untuk kesehatan kita secara keseluruhan. Menurut konsultan ahli gizi Rupali Datta, “Ini memiliki konsentrasi polifenol tertinggi yang tidak hanya membantu menurunkan kolesterol LDL tetapi juga meningkatkan kolesterol HDL.”

2. Teh Hitam
Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Cellular Physiology and Biochemistry menemukan bahwa senyawa tertentu yang disebut ‘catechin’ dalam teh hitam membantu merelaksasi pembuluh darah melalui aktivasi protein saluran ion.

3. Jus Bit
Musim dingin telah tiba dan begitu juga dengan menikmati jus bit segar. Menurut buku ‘Healing Foods’, ini bagus untuk tekanan darah dan kadar kolesterol Anda. Selain itu, antioksidan dan vitamin B dalam buah bit juga membantu meningkatkan fungsi saraf. Beberapa penelitian menyatakan bahwa kandungan nitrat yang tinggi dalam buah bit menghasilkan gas yang disebut oksida nitrat, yang membantu merelaksasi dan melebarkan pembuluh darah, sehingga meningkatkan aliran darah.

4. Jus Jeruk
Kita semua menyukai jus jeruk segar bersama dengan sarapan kita. Ini tidak hanya menyegarkan tetapi juga memberi kita banyak vitamin C dan antioksidan. Menurut buku ‘Healing Foods’ oleh DK Publishing, jeruk, dan buah jeruk lainnya mengandung “hesperidin, yang dapat mengurangi gejala hipertensi, serta senyawa pektin (serat) dan limonoid. Faktor-faktor ini dapat memperlambat aterosklerosis (pengerasan pembuluh darah) dan mengurangi Kolesterol LDL dalam darah.”

5. Air lemon
Sudahkah Anda minum air lemon setiap pagi? Meskipun Anda harus mempraktikkan ritual untuk menurunkan berat badan atau mendapatkan kulit yang bagus, izinkan kami memberi tahu Anda, air lemon juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Seperti disebutkan di atas, lemon juga mengandung vitamin C dan antioksidan yang membantu menurunkan peradangan pada sel dan meningkatkan aliran darah ke jantung. Apalagi mengandung antioksidan flavon, yang menurut buku ‘Healing Foods’, “juga dapat menurunkan risiko stroke pada wanita”.(cita septa)

Cita Septa Habibawati:
Tinggalkan Komentar