Minuman Yang Dapat Membantu Anda Mengurangi Nyeri Haid

Minuman yang dapat membantu mengurangi nyeri haid. (Foto : Genpi)

Sukoharjonews.com – Mengatasi kram menstruasi adalah sesuatu yang dialami oleh para penderita rahim di seluruh dunia. Meskipun menstruasi adalah proses alami, menghadapi kram dan gejala yang muncul selama periode tersebut bukanlah hal yang menyenangkan. Saat menstruasi, lapisan rahim akan luruh sehingga mengakibatkan pendarahan selama 2-7 hari. Hal ini juga disertai dengan kembung, kram, mual, sakit kepala, kelelahan, perubahan suasana hati, dan tak lupa kram. Tergantung pada tubuh Anda, mengatasi gejala-gejala ini bisa menjadi tantangan nyata. Namun, jangan khawatir.

Dikutip dari NDTV Food, pada Sabtu (23/12/2023), berikut minuman yang dapat mengurangi nyeri haid:

1. Teh Kamomil
Anda pasti pernah mendengar tentang khasiat teh Chamomile yang menyejukkan dan menenangkan. Teh ini banyak digunakan oleh orang-orang yang sulit tidur di malam hari. Namun tahukah Anda bahwa teh Chamomile juga merupakan obat yang efektif untuk nyeri haid? Teh kamomil mengandung senyawa yang bertindak sebagai pelemas otot alami, membantu mengurangi rasa tidak nyaman dan meredakan kram. Selain itu, seperti disebutkan di atas, teh kamomil memiliki efek sedatif ringan yang menenangkan pikiran dan membantu Anda mendapatkan tidur malam yang nyenyak selama menstruasi.

2. Cokelat Panas
Cokelat bisa membantu Anda jika Anda sedang mencari cara untuk mengurangi nyeri haid. Cokelat hitam kaya akan zat besi, potasium, magnesium, dan antioksidan yang dapat membantu mengatur aliran darah dan mengendurkan otot-otot rahim. Cokelat juga mengandung polifenol, senyawa kimia yang meredakan peradangan di tubuh Anda. Namun, bukan berarti Anda akan memanjakan diri dengan minuman manis. Anda bisa membuat secangkir coklat panas yang menyehatkan dan menenangkan dengan coklat hitam leleh, ekstrak vanila, sedikit garam, dan susu.

3. Teh Pepermint
Tidak hanya menyegarkan, meminum secangkir teh peppermint dapat membantu Anda mengendurkan otot. Teh peppermint mengandung sifat mentol, antispasmodik, antiinflamasi , dan analgesik yang berfungsi sebagai pereda nyeri alami dan melepaskan ketegangan. Sensasi sejuk yang diberikan teh peppermint mampu memberikan efek menenangkan dan menyegarkan. Anda cukup merebus daun peppermint dalam secangkir air, lalu menyesapnya, untuk membantu memberikan kenyamanan saat Anda menstruasi.

4. Teh Jahe
Sebagai pahlawan super dalam bidang makanan, Jahe dapat membantu Anda, jika tidak melawan, mengurangi nyeri haid. Jahe mengandung gingerol, yang mengandung sifat anti-inflamasi yang dapat membantu otot-otot di rahim Anda rileks dan meredakan kram. Selain itu, jahe dapat membantu Anda mengatasi masalah menstruasi lainnya seperti mual dan kembung, serta memberikan efek menenangkan. Cukup buat secangkir teh jahe dan menstruasi Anda akan lancar!

5. Susu Kunyit
Saat masih kecil, apakah Anda ingat meminum susu Kunyit setiap kali Anda merasa sakit? Digunakan selama berabad-abad dalam pengobatan tradisional karena sifat anti-inflamasinya, susu kunyit dapat membantu mengurangi kram menstruasi sampai batas tertentu. Bumbu ini mengandung Curcumin, senyawa aktif yang dapat mengurangi produksi bahan kimia inflamasi dalam tubuh Anda. Minum secangkir susu kunyit hangat dapat membantu menenangkan otot-otot yang tegang dan juga meredakan kram, sehingga meredakan nyeri.(cita septa)

Cita Septa Habibawati:
Tinggalkan Komentar