Minuman Sehat yang Dapat Meningkatkan Kadar Hemoglobin dan Melawan Anemia

Minuman sehat yang meningkatkan hemoglobin. (Foto: olret)

Sukoharjonews.com – Zat besi digunakan oleh tubuh untuk membuat hemoglobin, protein dalam sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh dan memberi warna merah pada darah. Kekurangan zat besi menyebabkan penurunan kadar hemoglobin dalam darah, dan dikenal sebagai anemia defisiensi besi. Beberapa tanda umum kekurangan zat besi antara lain kelelahan terus-menerus, sesak napas, nyeri di dada, dan kulit pucat. Selain mengandalkan suplemen untuk mengatasi kekurangan zat besi, Anda juga bisa mencari bahan kaya zat besi yang tepat di dapur Anda! Anda dapat menggunakan buah-buahan dan sayuran musiman untuk membuat jus dan minuman lain untuk meningkatkan kadar hemoglobin.

Dikutip dari Healthshots, pada Selasa (28/11/2023), berikut minuman sehat yang dapat tingkatkan kadar hemoglobin dan lawan anemia:

1. Kanji bit
Berasal dari India Utara, bit kanji adalah minuman fermentasi yang dibentuk dengan memasukkan biji mustard dan bit. Bit menyumbangkan zat besi ke dalam campuran, sedangkan metode fermentasi dapat meningkatkan ketersediaan nutrisi. Minuman tradisional ini memberikan profil rasa yang unik dan peningkatan nutrisi.

2. Jus amla
Gooseberry India kaya akan vitamin C. Konsumsi jus amla setiap hari tidak hanya meningkatkan kekebalan tetapi juga membantu penyerapan zat besi, sehingga membantu pembentukan hemoglobin. Rasanya yang tajam menambah sentuhan menyegarkan pada minuman menyehatkan ini.

3. Jus delima
Jus delima enak dan padat nutrisi. Buah ini kaya akan zat besi dan vitamin C, kombinasi dinamis yang mendukung produksi dan penyerapan hemoglobin. Warna merah cerah pada jus ini mencerminkan kandungan nutrisinya yang kuat.

4. Air tebu
Jus tebu, minuman jalanan India yang populer, tidak hanya merupakan makanan manis tetapi juga merupakan sumber zat besi dan mineral penting lainnya. Rasa manisnya yang alami menjadikannya cara yang menyenangkan untuk meningkatkan asupan zat besi, menjadikannya pilihan yang menyegarkan dan bergizi.

5. Serbet Sattu
Sattu, berasal dari gram panggang (chana), menjadi bahan dasar minuman tradisional India Utara ini. Ketika dicampur dengan air, jus lemon dan rempah-rempah, itu menjadi sattu serbat—minuman sehat yang kaya akan protein, zat besi, dan beberapa nutrisi penting. Rasanya yang unik dan profil nutrisinya menjadikannya pilihan yang baik untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Minuman tradisional India ini tidak hanya menampilkan keragaman rasa masakan India tetapi juga menunjukkan penekanan budaya dalam memasukkan nutrisi ke dalam minuman sehari-hari. Sebagai bagian dari pola makan seimbang, minuman ini dapat berperan dalam mendukung kadar hemoglobin yang sehat, sehingga berkontribusi terhadap kesejahteraan secara keseluruhan. Namun, disarankan untuk berkonsultasi dengan ahli kesehatan Anda untuk mendapatkan panduan pola makan, terutama bagi mereka yang memiliki masalah kesehatan tertentu.(cita septa)

Cita Septa Habibawati:
Tinggalkan Komentar