Minuman Anti-Peradangan yang Pasti Anda Ingin Minum

Minuman yang dapat mencegah peradangan.(Foto:Klikdokter)

Sukoharjonews.com – Minuman yang menyegarkan adalah salah satu kenikmatan hidup yang sederhana. Minuman ringan, jus buah, dan kopi spesial hanyalah beberapa pilihan yang nikmat. Namun, jika Anda berjuang melawan masalah kesehatan, mencari minuman lezat yang juga memiliki khasiat antiperadangan mungkin menjadi tantangan yang terus berlanjut .


Dilansir dari real simple, Jum’at (6/9/2024), peradangan adalah proses tubuh yang normal dan penting. Peradangan merupakan cara sistem imun merespons penyakit, cedera, dan kuman. Peradangan yang umum dapat menyebabkan nyeri, pembengkakan, atau perubahan warna, tetapi ketidaknyamanan yang ditimbulkannya seharusnya ringan. Namun, bagi sebagian orang, peradangan terjadi pada jaringan yang sehat—saat itulah peradangan dapat menjadi masalah.

Untungnya, kita dapat mengatur pola makan untuk membantu kita melawan peradangan. Apakah Anda menderita peradangan kronis atau hanya mencoba mempertahankan gaya hidup yang sadar kesehatan, para ahli mengatakan ada karakteristik nutrisi tertentu yang perlu diperhatikan saat memilih minuman antiperadangan.

Air
Menurut Yayasan Arthritis , hanya satu minuman yang benar-benar antiradang: air putih. Tetap terhidrasi membantu membuang racun dan melumasi sendi, yang membantu mengurangi radang. Jika Anda ingin menambahkan beberapa variasi selain asupan air harian yang direkomendasikan , para ahli gizi menyarankan sejumlah minuman yang juga menawarkan manfaat antiradang.


Teh hijau
“Teh hijau merupakan salah satu minuman paling terkenal yang dapat mengurangi peradangan,” kata pakar gizi Ben Carvosso. Penelitian menunjukkan bahwa teh hijau dapat mengurangi peradangan, dengan satu studi menyimpulkan bahwa orang yang rutin mengonsumsi ekstrak teh hijau memiliki kadar protein C-reaktif yang lebih rendah, yang merupakan indikator peradangan.

Delima
Hal lain yang perlu diperhatikan saat mengidentifikasi minuman antiradang: antioksidan. “Antioksidan membantu melawan stres oksidatif, mengurangi peradangan dalam tubuh,” kata Carvosso. Salah satu minuman kaya antioksidan yang direkomendasikan Carvosso adalah jus buah delima, yang juga mengandung senyawa tanaman punicalagin. Penelitian menunjukkan bahwa punicalagin—yang ditemukan dalam buah, daun, dan kulit buah delima—memiliki sifat antiradang.


Kunyit
Anda mungkin ingin menggunakan kunyit saat memasak hidangan India dan Asia Tenggara favorit Anda , tetapi ternyata rempah berwarna oranye tua ini juga bisa menjadi tambahan yang baik untuk diet anti-inflamasi. Kunyit mengandung kurkumin, senyawa tanaman lain yang menurut penelitian dapat membantu mengurangi peradangan. Menjelang musim gugur, “susu emas”—minuman tradisional India yang dibuat dengan susu panas, kunyit, dan rempah-rempah lainnya—hanyalah salah satu pilihan yang tepat untuk dinikmati.

Jahe
Jika Anda bukan penggemar teh hijau tetapi masih mencari minuman yang memiliki khasiat antiradang, teh jahe bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Ditemukan dalam jahe segar, gingerol adalah senyawa tanaman lain yang menurut penelitian dapat meredakan radang. “Teh jahe mudah dibuat di rumah dan merupakan minuman hangat untuk musim dingin,” kata Carvosso.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *