Ragam  

Meski Kuota Pupuk Subsidi Turun, Dinas Jamin Pasokan Petani Aman

Kuota pupuk bersubsidi untuk Sukoharjo mengalami penurunan di 2019 ini. (Ilustrasi-Tribunnews.com)

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Tahun 2019 ini, kuota pupuk bersubsidi untuk Kabupaten Sukoharjo mengalami penurunan dibandingkan kuota tahun 2018 lalu. Meski kuota mengalami penurunan, Dinas Pertanian dan Perikanan Pemkab Sukoharjo menjamin pasokan pupuk untuk petani aman karena alokasi pupuk bersubidi untuk setiap petani sudah ditentukan dan dikendalikan meggunakan Kartu Tani.

“Penurunan kuota karena mengacu pada 2018 lalu dimana kuota pupuk subsidi mengalami sisa. Kalau dalam perjalannya kuota tidak mencukupi, bisa mengakukan penambahan,” terang Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Sukoharjo Netty Harjianti, Selasa (8/1).

Dikatakan Netty, tahun ini luas tanam untuk Sukoharjo seluas 53.000 hektare. Sedangkan kuota pupuk bersubsidi untuk Urea sebanyak 10.150 ton, SP36 2000 ton, NPK 9.643 ton, ZA 3.272 ton, dan organik 4.947 ton. Dibandingkan dengan 2018 lalu, kuota untuk Urea 11.500 ton, SP36 2.250 ton, NPK 11.600 ton, ZA 3.482 ton, Organik 4.250 ton. Dengan kata lain, penurunan kuota untuk beberapa jenis pupuk saja.

Terkait kuota pupuk bersubsidi sendiri, Netty mengaku sudah ditentukan oleh Provinsi Jawa Tengah (Jateng). Pemkab Sukoharjo tinggal menerima kuota yang diberikan dan selanjutnya dibagi sesuai alokasi untuk petani menggunakan Kartu Tani. Petani sendiri mengambil jatah pupuk bersubsidi pada pengecer yang tersebar di tiap kecamatan. Netty mengaku untuk tiap kecamatan terdapat enam sampai tujuh pengecer.

“Kuota pupuk bersubsidi 2019 ini akan disosialisasikan pada petani. Jika dalam perjalannya kuota tersebut tidak cukup, ada kesempatan mengajukan penambahan di bulan September/Oktober mendatang. “Pada bulan tersebut ada jadwal re-alokasi kuota pupuk sehingga kalau kurang bisa mengajukan penambahan melalui provinsi,” ujar Netty. (erlano putra)

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments