Menyukai Aksesoris dan Pakaian Vintage? Berikut Tips Membelinya

Tips membeli barang vintage. (Foto: istock)

Sukoharjonews.com – Untuk selalu tampil modis dan girly tidaklah perlu mengikuti trend, justru Anda dapat memilih gaya khas sesuai dengan pribadi Anda, salah satunya yang sangat bagus adalah berpakaian ala vintage style. Vintage sendiri merupakan gaya berpakaian dengan mengedepankan fashion jadul atau yang pernah ngtrend pada decade sebelumnya lalu dibawa ke masa kini.


Seperti halnya berbelanja aksesoris lain, kita harus membuat pertimbangan-pertimbangan tertentu atas pilihan aksesoris untuk mendapatkan tampilan yang diinginkan. Dikutip dari VOI, pada Selasa (20/6/2023), berikut tips memilih aksesoris dan pakaian vintage yang perlu Anda ketahui:

1. Ketahui ukuran Anda
Dalam berbelanja pakaian, mengetahui ukuran adalah hal terpenting. Terutama sebelum Anda belanja, ketahui bagaimana tren yang dibawa gaya pakaian tersebut hidup. Pada pakaian vintage yang populer pada 1950-an, umumnya dirancang untuk orang-orang dalam masa pertumbuhan yang berarti memiliki tulang rusuk dan kaki yang lebih kecil daripada sekarang. Mungkin tak mudah menemukan ukuran yang pas, tetapi penting untuk mencermati setiap ukuran yang tertera pada label pakaian dan mencatat ukuran Anda.


2. Kacamata vintage adalah investasi yang bagus
Aksesoris biasanya merupakan investasi yang bagus karena ada beberapa desain kacamata vintage yang keren, dilansir Metro, Senin, 19 Juni. Lensanya mungkin tak menawarkan perlindungan terhadap UV sebanyak kacamata hitam modern. Tetapi Anda bisa memilih nama merek atau desainter terkenal seperti Dior atau YSL tahun 1970-an dan 1980-an.

3. Mengenali jenis-jenis kain bahan
Beberapa kain tidak mudah menua, tetapi ada pula yang gampang melar dan memudar. Seperti sutera dan renda tua seringkali rapuh dan rentan rusak. Jadi Anda harus berhati-hati selain memilih bahan tetapi juga memperlakukan pakaian dengan jenis kain bahan tertentu. Biasanya, pakaian berbahan kapas dan serat alami lebih aman. Sedangkan bahan polyester paling mudah terutama jika dicuci dengan mesin cuci.


4. Membeli sepatu vintage sedikit agak rumit
Selama beberapa dekade, ukuran kaki mungkin akan berubah. Jemari kaki bisa lebih panjang kalau Anda sering rutin jogging. Bisa juga semakin padat seiring dengan perubahan berat badan. Maka untuk memilih sepatu dengan aksen vintage, agak sedikit rumit. Maka pilih bahan secara tepat, kalau memilih bahan kulit, ketahui cara benar merawatnya agar tak mengelupas dan retak.

5. Ingat siklus 40 tahun terkait tren fashion
Banyak sekali tren fashion vintage yang kembali populer pada era tertentu. Seperti tampilan vintage Gucci tahun 1970-an kembali populer setelah 40 tahun ke depan, yaitu dalam waktu dekat ini. Selain pakaian, desain furnitur juga mengikuti tren. Seperti Ossie Clark yang mendesain furnitur antik tahun 1960-an, kembali populer, langka, dan berharga tinggi saat ini.(cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *