Menyimpan Daging Mentah di Freezer dengan Benar

Cara menyimpan daging difreezer.(Foto:tirto)

Sukoharjonews.com – Apakah Anda memiliki freezer yang diisi dengan berbagai macam daging tetapi tidak yakin bagaimana cara menyimpannya dengan benar? Kesalahan penyimpanan makanan dapat memiliki beberapa konsekuensi besar pada hidup Anda. Paling buruk, Anda bisa membuat orang yang Anda cintai sakit karena infeksi bakteri atau bahkan keracunan makanan. Paling baik, Anda hanya membuang-buang uang di beberapa toko kelontong. Kabar baiknya adalah dengan beberapa tips yang cermat, Anda dapat menyimpan barang yang mudah rusak terutama daging mentah untuk jangka waktu yang lama, dan menghindari segala macam rasa malu.

Menyimpan daging mentah dengan benar dapat membantu menjaga rasa dan kualitas daging. Dikutip dari NDTV Food, pada Rabu (2/10/2024), berikut cara menyimpan daging mentah di freezer dengan baik dan benar:

1. Gunakan Kemasan Kedap Udara
Sebelum dibekukan, pastikan Anda telah membungkus daging dengan rapat. Jika ada udara di dalam kantong, hal itu dapat menyebabkan freezer burn. Saat menyimpan daging mentah, pastikan untuk menggunakan kantong atau wadah yang aman untuk freezer , dan keluarkan sebanyak mungkin udara sebelum menyegelnya. Jika Anda menggunakan plastik pembungkus atau foil, bungkus dua kali untuk perlindungan tambahan. Kiat bonus: belilah alat penyegel vakum untuk mencegah udara keluar sepenuhnya dan menjaga daging tetap segar untuk waktu yang lama.

2. Tambahkan Tanggal Ke Paket
Mudah untuk lupa saat Anda menyimpan ayam atau daging mentah di dalam freezer. Memberi label pada daging dengan tanggal penyimpanan membantu Anda melacak berapa lama daging tersebut telah dibekukan. Dengan cara ini, Anda akan selalu tahu bagian mana yang harus digunakan terlebih dahulu. Daging umumnya tetap segar hingga enam bulan di dalam freezer, tetapi selalu periksa kualitasnya sebelum dimasak. Trik freezer sederhana adalah mengatur freezer berdasarkan tanggal sehingga bagian daging yang paling lama digunakan terlebih dahulu.

3. Potong Daging Sebelum Dibekukan
Jangan bekukan seluruh daging jika resep Anda tidak mengharuskannya. Memotong daging menjadi potongan-potongan kecil yang dapat digunakan sebelum dibekukan akan membuat hidup Anda jauh lebih mudah saat tiba waktunya untuk mencairkannya. Ini akan memastikan Anda hanya mencairkan daging dalam jumlah yang dibutuhkan, menghindari pemborosan , dan menjaga sisa daging tetap beku dengan benar. Selain itu, ini juga bermanfaat jika Anda menyiapkan makanan atau merencanakan hidangan seperti kebab atau tumis.

4. Bekukan Daging pada Suhu yang Tepat
Untuk memastikan daging tidak rusak, suhu freezer harus selalu diatur pada -18°C atau lebih rendah untuk menjaga kualitasnya. Semakin rendah suhunya, semakin baik kualitasnya. Suhu yang lebih tinggi dapat menyebabkan bakteri dan kuman tumbuh dan mengurangi kesegarannya. Sebaiknya periksa pengaturan suhu freezer sebelum membekukan daging. Ini akan memastikan daging tetap segar hingga Anda siap menyiapkan hidangan dari daging tersebut.

5. Jangan Membekukan Kembali Daging
Setelah daging mentah dicairkan, hindari membekukannya kembali dengan cara apa pun. Mencairkan dapat menyebabkan hilangnya kelembapan pada daging mentah Anda dan kemudian membekukannya kembali dapat menyebabkan hilangnya tekstur, rasa, dan yang terpenting, kebersihannya. Sebaliknya, seperti yang disebutkan di atas, cairkan daging dalam porsi kecil yang akan Anda gunakan dan pastikan untuk tidak membiarkannya pada suhu ruangan. Jika Anda harus membekukannya kembali, masak daging terlebih dahulu lalu bekukan.

6. Gunakan Wadah yang Aman untuk Freezer
Jika Anda tidak memiliki wadah atau kantong kedap udara, gunakan wadah yang aman untuk freezer untuk menyimpan daging. Kantong plastik murah dapat dengan mudah membiarkan udara masuk yang dapat menyebabkan daging terbakar dan rusak. Pilih wadah yang dirancang khusus untuk pembekuan – karena lebih tebal dan lebih baik dalam mencegah masuknya udara.(cita septa)

Cita Septa Habibawati:
Tinggalkan Komentar