Menko Luhut Rencanakan Harga Tiket Candi Borobudur Rp750 Ribu untuk Turis Lokal

Candi Borobudur Magelang. (Foto: Kemenko Marves)

Sukoharjonewws.com (Magelang) – Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Pandjaitan berencana menaikkan harga tiket masuk ke Candi Borobudur. Untuk wisatawan lokal sebesar Rp750 itu dan 100 dolar AS untuk wisatawan mancanegara (wisman). Khusus untuk pelajar hanya Rp5.000.


Rencana itu ditulis Luhut di akun Instagram pribadinya @luhut-pandjaitan. Luhut menulis, “Sambatan dalam bahasa jawa yang berarti gotong royong adalah prinsip yang kami pakai untuk bersama-sama mengembangkan konsep Candi Borobudur sebagai laboratorium konservasi cagar budaya bertaraf internasional”.

“Dalam kunjungan pagi ini saya kembali menekankan sinergi antara konservasi dan pariwisata melalui mekanisme “’single authority agency” sehingga Borobudur bukan hanya menjadi salah satu dari lima destinasi wisata super prioritas, tetapi juga destinasi wisata berkualitas”.

Selanjutnya, “Saya juga memastikan penerapan prinsip ekonomi biru, hijau, dan sirkular sudah mulai diterapkan sesuai dengan arahan Presiden @jokowi. Maka dari itu, mulai hari ini akan dilaksanakan uji coba penggunaan bus listrik sebagai shuttle bus kendaraan pariwisata. Rute perjalanan shuttle bus ini meliputi Borobudur-Malioboro-Prambanan. Dengan menggunakan kendaraan listrik dan EBT, saya rasa akan semakin mempertegas komitmen Indonesia dalam penggunaan energi ramah lingkungan”.

“Kami juga sepakat dan berencana untuk membatasi kuota turis yang ingin naik ke Candi Borobudur sebanyak 1.200 orang per hari, dengan biaya 100 dollar untuk wisman dan turis domestik sebesar 750 ribu rupiah. Khusus untuk pelajar, kami berikan biaya 5000 rupiah saja”.

Seperti diketahui, pada hari Sabtu (4/6/2022), Menko Luhut melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Magelang, Jawa Tengah untuk melaksanakan rapat koordinasi dan peresmian DPSP Borobudur sebagai destinasi ramah lingkungan dan berkelanjutan. Selain itu, Luhut beserta rombongan juga meninjau TPA Pasuruhan dan peluncuran SPKLU di DPSP Borobudur. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.