Menjaga Kesehatan Gigi Pada Anak

Cara menjaga kesehatan gigi anak. (Foto: theasianparents)

Sukoharjonews.com – Apakah Anda mencari cara untuk menjaga kesehatan gigi anak Anda? Kami berbicara dengan para orang tua setiap hari tentang pentingnya rutinitas kebersihan gigi yang baik untuk anak-anak mereka. Sering kali kami ditanya apakah gigi susu benar-benar penting.

Dilansir dari dedicated dental care,Selasa (1/10/2024), pembusukan pada gigi susu dapat menyebabkan gigi berlubang dan kebiasaan yang sama akan mengakibatkan gigi berlubang pada gigi dewasa mereka.

1. Pemeriksaan Gigi Rutin
Sebaiknya kunjungan pertama anak Anda ke dokter gigi dilakukan setelah gigi pertamanya terlihat atau pada ulang tahun pertamanya. Dalam kebanyakan kasus, pemeriksaan gigi setiap enam bulan akan memungkinkan kami mengenali masalah pada tahap awal. Selain itu, pemeriksaan ini memungkinkan anak Anda mengenal kantor dan tim dokter gigi kami. Karena pengalaman positif bagi anak Anda juga akan memastikan kesehatan mulut mereka baik.

2. Pola Makan Sehat
Pola makan yang seimbang sangat penting bagi anak-anak karena mereka berada pada masa pertumbuhan dan pembelajaran. Selain itu, nutrisi yang baik sama pentingnya bagi perkembangan gigi mereka karena makan atau minum gula terlalu banyak dapat menyebabkan gigi berlubang. Oleh karena itu, menyediakan camilan sehat bebas gula merupakan cara yang baik untuk membatasi gula.

3. Berhenti menggunakan dot atau mengisap jempol pada usia 2 tahun
Adalah hal yang normal bagi bayi untuk mengisap dot atau jempolnya karena memiliki efek menenangkan. Pada usia dua tahun, anak Anda seharusnya sudah tidak lagi membutuhkan kebiasaan ini. Dot lebih baik daripada mengisap jempol karena Anda dapat mengontrol kapan dan bagaimana anak Anda menggunakan dot, tidak seperti jempol yang dimasukkan ke dalam mulut. Jika seorang anak terus mengisap dot atau jempol, hal itu dapat memengaruhi perkembangan rahangnya, serta posisi giginya.

4. Konsisten dalam menyikat gigi dan membersihkan gigi
Meskipun terkadang sulit untuk menjaga rutinitas, penting untuk konsisten dalam menyikat gigi dan membersihkan gigi. Anda juga dapat mencoba membuat kegiatan menyikat gigi menjadi menyenangkan bagi anak Anda dan bahkan menjadikannya sebuah permainan dengan menggunakan larutan pembersih yang menyoroti bagian mana saja yang terlewat saat menyikat gigi. Selain itu, ada banyak sikat gigi yang dapat dipilih dengan karakter yang berbeda atau yang dapat memutar musik. Hal ini dapat membantu membuat anak Anda bersemangat untuk menyikat gigi.

5. Jadilah Teladan
Anak-anak akan meniru apa yang dilakukan orang tua mereka. Jadi, penting untuk menunjukkan kepada anak Anda bagaimana Anda memprioritaskan menyikat gigi dan membersihkan gigi dengan benang gigi. Menyikat gigi dan membersihkan gigi dengan benang gigi secara bersamaan adalah cara yang bagus untuk memberi contoh.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *