Mengintip Rahasia Umur Panjang Suster Andre, yang berusia 118 Tahun

Rahasia umur panjang suster andre, yang berusia 118 tahun. ( Foto : Suster Andrea / Celebesmedia)

Sukoharjonews.com – Suster André, biarawati yang memegang rekor sebagai orang tertua di dunia, meninggal pada 17 Januari 2023, beberapa minggu sebelum ulang tahunnya yang ke-119. Suster André memegang Guinness World Record untuk perempuan dengan umur terpanjang. “Sulit untuk membayangkan bahwa seseorang yang lahir sebelum plastik atau ritsleting ditemukan masih hidup hingga abad ke-21, dan cukup kuat untuk menghadapi COVID-19,” kata Craig Glenday, pemimpin redaksi Guinness World Record.

Dilansir dari Eat This Not That, Sabtu (11/3/2023), di masa hidupnya, Suster André pernah ditanya mengenai rahasia umur panjangnya yang membuat banyak orang penasaran. Meskipun tidak pernah memberikan penjelasan rinci tentang gaya hidupnya, kemungkinan kebiasaan makan Suster André membantu berkontribusi pada kemampuan mencapai usia panjang. berikut 4 rahasia umur panjang Suster André yang bisa kamu coba terapkan.

Makan Secara Komunal
Sejak Perang Dunia II, Suster André telah menjadi anggota ordo Katolik Sisters of Charity yang melayani anak yatim piatu, lansia, dan pasien rumah sakit. Salah satu ciri kehidupan religius Katolik adalah kehidupan komunal yang turut memengaruhi gaya makan Suster André.

Penelitian dari Oxford University mengungkapkan bahwa semakin sering orang makan bersama orang lain, mereka akan merasa lebih bahagia dan puas. Sebuah studi tahun 2013 di Journal of Nutrition Education and Behavior juga menemukan bahwa makan bersama orang lain dikaitkan dengan pola makan yang lebih sehat.

Menikmati makanan bersama orang lain juga merupakan prinsip inti dari diet Mediterania. Di antara banyak manfaat kesehatannya, diet Mediterania telah terbukti meningkatkan mikrobioma usus pada orangtua, mengurangi kelemahan, dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Menikmati Makanan Favorit
Menurut Forbes, sang biarawati mengatakan bahwa dia mengonsumsi cokelat dan wine secara teratur. Meskipun banyak orang melihat ini sebagai pola makan yang ‘salah’, ada banyak manfaat dari menikmati makanan favorit yang kamu konsumsi.

Menikmati makanan favorit dapat meningkatkan suasana hati dan menghilangkan stres. Satu studi menunjukkan bahwa orang dengan suasana hati yang lebih baik memiliki 35 persen lebih kecil kemungkinannya untuk meninggal selama lima tahun.

Berlatih Moderasi dengan Alkohol
Terlepas pengakuan Suster André tentang meminum wine, dia menyatakan bahwa meminum satu gelas wine per hari sesuai dengan pedoman CDC (Centers of Disease Control) dalam aturan minum alkohol untuk perempuan. Beberapa penelitian pun menunjukkan bahwa minum alkohol secukupnya dapat meningkatkan umur yang lebih panjang.

Sebuah penelitian di Belanda terhadap lebih dari lima ribu orang menemukan bahwa asupan wine dalam jumlah sedang berhubungan positif dengan umur panjang, terutama pada perempuan. Jumlah yang dianjurkan untuk mencapai usia 90 tahun atau lebih adalah 5-15 gram alkohol murni per hari.

Pilih Makanan yang Mengandung Antioksidan Tinggi
Salah satu makanan favorit Suster André, yakni cokelat, tidak hanya enak, cokelat sarat dengan antioksidan tinggi yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Untuk hidup lebih lama, kamu harus memilih makanan padat nutrisi dan juga tinggi antioksidan.

Tidak hanya cokelat, beberapa buah-buahan seperti beri dan jeruk, sayuran seperti sayuran berdaun hijau, dan protein nabati seperti kacang-kacangan, semuanya mengandung antioksidan tinggi. Antioksidan sendiri memiliki ragam manfaat, seperti meredakan peradangan di seluruh tubuh dan membantu mengurangi risiko penyakit yang berkaitan dengan usia.

Meskipun Suster André belum mencapai usia 122 tahun seperti Jean Calment, tidak ada salahnya untuk mencoba menerapkan rahasia umur panjang Suster André dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, Suster André akan hidup dalam sejarah sebagai orang tertua keempat yang pernah diautentikasi.(patrisia argi)

Patrisia Argi Satuti:
Tinggalkan Komentar