Mengintip Pertamina UMK Academy 2024, Sebanyak 1.686 Pelaku Usaha Bergabung

Pertamina buka UMK Academy 2024, pelaku usaha mikro dan kecil siap berkembang dan naik kelas. (Foto: Dok Pertamina)

Sukoharjonews.com (Jakarta) – Pelaku usaha mikro dan kecil (UMK) di Indonesia mendapat penampingan dari Pertamina melalui program UMK Academy 2024. Tahun ini, Pertamina menjaring 1.686 UMK tangguh dari total pendaftar lebih dari 8.000 UMK di tingkat regional, siap untuk didampingi dan dikembangkan menuju level yang lebih tinggi.


UMK Academy 2024 merupakan program pendampingan dan pengembangan UMK yang digagas Pertamina untuk mewujudkan komitmennya dalam memberdayakan para pelaku usaha di Indonesia. Program ini dirancang untuk membantu UMK meningkatkan kapasitas dan kapabilitas mereka, sehingga mampu bersaing dan naik kelas menjadi usaha yang lebih maju.

Kick Off Pertamina UMK Academy 2024 Skala Regional telah digelar pada 5-10 Juni 2024 di sejumlah kota di Indonesia. Bertema “Beri Energi Baru Menuju UMK Maju”, Pertamina UMK Academy 2024 menjadi komitmen untuk mendukung pengembangan UMK berkelanjutan sehingga dapat berdaya secara optimal.

Pada akhirnya, UMK dapat mendorong pertumbuhan perekonomian, baik di daerah atau pun nasional.

“Kami mengapresiasi antusiasme para pelaku UMK pada program Pertamina UMK Academy 2024,” ujar Vice President Corporate Communication Pertamina, Fadjar Djoko Santoso, dikutip dari laman KabarBUMN, Selasa (18/6/2024).


“Kami berharap, program yang rutin kami lakukan setiap tahun ini, berdampak untuk pengembangan bisnis UMK sehingga bisa lebih maju dan memberi manfaat bagi masyarakat dan lingkungan sekitar,” sambungnya.

Melihat besarnya minat dari para UMK, Pertamina menyeleksi UMK melalui proses kurasi, mulai dari komitmen pelaku usaha, produk yang dihasilkan, serta prospek bisnis hingga kontribusinya terhadap masyarakat dan lingkungan.

Calon peserta yang lolos seleksi regional, akan mengikuti pembinaan dan pelatihan dari Pertamina.

Vice President CSR & SMEPP Management Pertamina, Fajriyah Usman mengungkapkan, Pertamina UMK Academy menyasar pelaku usaha yang berkomitmen kuat untuk meningkatkan kualitas dan membesarkan usahanya.


Pembinaan dan pendampingan yang difasilitasi Pertamina juga menggandeng tenaga ahli (trainer), sehingga program berjalan sesuai target. Selain itu, UMK dapat mengikuti pameran baik di level regional maupun nasional, sehingga produknya dikenal lebih luas.

“Pertamina berkomitmen membantu UMK naik kelas demi mendorong perekonomian nasional,” tutur Fajriyah.

“Kami berharap para pelaku UMK bisa lebih kreatif, inovatif dan memahami pasar hingga memanfaatkan digitalisasi melalui pelatihan dan pendampingan yang kami berikan,” lanjut Fajriyah.

Setelah melalui seleksi regional, peserta UMK Academy 2024 terpilih dapat melanjutkan ke seleksi nasional yang berlangsung hingga 4 bulan. Program ini terdiri dari 4 kelas, yakni Go Modern, Go Online, Go Digital dan Go Global.


Peserta yang mampu menunjukkan komitmennya, dapat menjadi pemenang UMK Academy dan akan mendapat apresiasi berupa hibah alat teknologi.

Ikbal Pratama, Tuna’s Eatery Coffee NTB salah satu Champion kelas Go Global dari UMK Academy 2023 kini dapat mengembangkan usaha olahan berbahan ikan tuna yellowfin miliknya. Sebagai Champion dia memperoleh hibah alat yang dipakai menambah produksi olahan tuna.

Program ini membuka jalan Ikbal lebih memperkenalkan olahan tuna ke masyarakat umum secara berbeda, membantu penjualan nelayan hingga peluang membuka lapangan kerja.

Kini produknya berupa Sambal Tuna dan Abon Tuna sudah berhasil terjual tidak hanya ke pasar lokal tapi sampai mancanegara yakni Spanyol, Malaysia, Hongkong, Singapura, Polandia dan Arab Saudi. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *