Mengenal Lebih Dekat Tentang Jenis-Jenis Fobia

Mengenal jenis phobia. (Foto: aladokter)

Sukoharjonews.com – Fobia adalah rasa takut yang terus-menerus dan berlebihan terhadap sesuatu yang spesifik seperti ular , ketinggian, tempat tertutup, atau objek atau situasi lain. Hal ini menyebabkan seseorang menghindari hal yang mereka takuti atau mengalami kesusahan besar ketika mereka menghadapinya. Anda dapat mempelajari cara mengatasi fobia dengan pengobatan dan strategi yang ditujukan untuk membuat Anda tidak peka terhadap hal yang Anda takuti.

Dilansir dari Verry Wellhealth, Senin (11/3/2024), Fobia spesifik adalah salah satu jenis gangguan kecemasan . Sekitar 12,5% orang dewasa di Amerika Serikat mempunyai fobia spesifik pada suatu saat dalam hidup mereka.

Fobia vs. Ketakutan
Fobia lebih parah daripada rasa takut. Lebih khusus lagi, fobia adalah ketakutan irasional yang tidak sebanding dengan ancaman sebenarnya. Mungkin terdapat sedikit ancaman, atau bahkan tidak ada ancaman sama sekali, dan orang tersebut dapat mengalami gejala kecemasan.

Seseorang dengan fobia mungkin mengalami respons melawan-atau-lari ketika ada hal yang mereka takuti. Ketika ini terjadi, hormon stres dilepaskan yang menimbulkan gejala seperti peningkatan detak jantung, pusing, rasa panas atau menggigil, nyeri atau sesak di dada, dan perut berdebar-debar. Gejala lain dapat berupa kesulitan bernapas, mual, berkeringat, kebingungan, atau disorientasi.

Ketakutan, di sisi lain, adalah emosi yang kuat sebagai respons terhadap ancaman pada saat itu. Seseorang yang mengalami ketakutan mungkin memiliki beberapa gejala yang sama, namun gejala tersebut hanya terjadi sebagai respons terhadap ancaman nyata atau sesuatu yang dianggap oleh kebanyakan orang sebagai ancaman. Berbeda dengan fobia, respons rasa takut tidak sering terjadi sehingga mengganggu kualitas hidup seseorang.

Jenis-Jenis Fobia
Ada berbagai jenis fobia. Fobia spesifik adalah gangguan kecemasan yang mencakup lima jenis fobia.Fobia sosial juga merupakan gangguan kecemasan, namun tidak diklasifikasikan sebagai salah satu dari lima fobia spesifik.

Jenis Fobia Spesifik
Lima jenis fobia spesifik meliputi:

Tipe binatang
Tipe lingkungan alam
Tipe cedera suntikan darah
Tipe situasional
Tipe lainnya

Jenis Hewan
Jenis binatang adalah fobia spesifik. Orang dengan fobia jenis ini memiliki ketakutan yang intens dan berkelanjutan terhadap binatang atau serangga C ontohnya termasuk anjing , kucing , burung , tikus, ular, kupu-kupu, dan laba-laba .

Tipe Lingkungan Alam
Tipe lingkungan alam merupakan fobia spesifik. Orang dengan fobia jenis ini memiliki ketakutan yang intens dan berkelanjutan terhadap benda-benda yang membentuk alam sekitar.Contohnya mencakup perairan dalam, ketinggian, kilat, atau badai.

Tipe Cedera Suntikan Darah
Jenis cedera suntikan darah adalah fobia spesifik. Orang dengan fobia jenis ini memiliki ketakutan yang intens dan terus-menerus terhadap melihat atau mengalami cedera, darah , atau suntikan . Contoh tambahannya adalah pengambilan darah atau prosedur medis.

Tipe Situasional
Tipe situasional adalah fobia spesifik. Orang dengan fobia jenis ini memiliki ketakutan yang intens dan berkelanjutan terhadap pengalaman tertentu. Contohnya termasuk elevator, tempat tertutup , penerbangan, mengemudi, animatronik, dan transportasi umum.

Tipe Lainnya
Orang dengan jenis fobia ini memiliki ketakutan yang intens dan berkelanjutan terhadap sesuatu yang bukan merupakan bagian dari jenis fobia spesifik lainnya. Contohnya seperti tersedak, kuman atau sakit, waktu , muntah, boneka , hantu , atau suara keras. (patrisia argi)

Patrisia Argi Satuti:
Tinggalkan Komentar