Mengenal Gangguan Narsistik yang Marak Terjadi

Mengenal gangguan narsistik.(Fot:Insanq)

Sukoharjonews.com -Beberapa ciri gangguan kepribadian narsistik sama seperti gangguan kepribadian lainnya. Selain itu, ada kemungkinan untuk didiagnosis dengan lebih dari satu gangguan kepribadian pada saat yang bersamaan. Hal ini dapat membuat diagnosis menjadi lebih menantang.


Dilansir dari Mayo Clinic, Minggu(23/6/2024), perawatan untuk gangguan kepribadian narsistik adalah terapi bicara, disebut juga psikoterapi. Obat-obatan mungkin disertakan dalam perawatan Anda jika Anda memiliki kondisi kesehatan mental lainnya, seperti depresi.

Psikoterapi
Perawatan gangguan kepribadian narsistik berpusat pada psikoterapi. Psikoterapi dapat membantu Anda:

Belajarlah untuk berhubungan lebih baik dengan orang lain sehingga hubungan Anda lebih dekat, lebih menyenangkan, dan lebih bermanfaat. dan memahami penyebab emosi Anda dan apa yang mendorong Anda untuk bersaing, tidak mempercayai orang lain, dan tidak menyukai orang lain dan mungkin diri Anda sendiri.

Terapi dapat bersifat jangka pendek untuk membantu Anda mengelola masa stres atau krisis. Terapi juga dapat diberikan secara berkelanjutan untuk membantu Anda mencapai dan mempertahankan tujuan Anda. Seringkali, melibatkan anggota keluarga atau orang lain dalam terapi dapat membantu.


Obat
Tidak ada obat yang khusus digunakan untuk mengobati gangguan kepribadian narsistik. Namun jika Anda memiliki gejala depresi, kecemasan, atau kondisi lain, obat-obatan seperti antidepresan atau obat anticemas mungkin bisa membantu.

Gaya hidup dan pengobatan rumahan
Anda mungkin merasa defensif terhadap pengobatan atau menganggapnya tidak perlu. Sifat gangguan kepribadian narsistik juga dapat membuat Anda merasa bahwa terapi tidak sepadan dengan waktu dan perhatian Anda, dan Anda mungkin tergoda untuk berhenti. Namun penting untuk:

Tetap berpikiran terbuka.
Fokus pada manfaat pengobatan.

Ikuti rencana perawatan Anda.
Hadiri sesi terapi terjadwal dan minum obat apa pun sesuai petunjuk. Ingat, ini bisa menjadi kerja keras dan Anda mungkin mengalami kemunduran sesekali.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *