Mengejutkan Ternyata 4 Minuman Ini Mengandung Gula yang Tinggi

4 Minuman mengandung gula yang tinggi. (Foto : Pexels)

Sukoharjonews.com – tahukah kamu kalau minuman yang kelihatan sehat tersebut, sebenarnya kurang sehat? Hal ini dikarenakan tingginya kandungan gula yang terdapat di dalamnya. Seperti yang diketahui, mengonsumsi makanan atau minuman tinggi gula berkaitan dengan penyakit kronis, seperti diabetes, obesitas, dan penyakit kardiovaskular.

Dilansir dari Healthline, Selasa (14/02/2023).Ada beberapa minuman yang menyebabkan diabetes,minuman apa saja yang kelihatannya sehat, tapi sebenarnya mengandung gula yang tinggi? ini dia daftar minuman tinggi gula yang sebaiknya kamu batasi konsumsinya.

Jus Buah
Sekilas, jus buah memang kelihatan sehat ditambah dengan rasanya yang enak. Pantas saja kalau minuman ini banyak digemari orang dewasa maupun anak-anak. Selain itu, jus buah juga sering menjadi salah satu menu makanan atau minuman sehat orang-orang.

Akan tetapi, minuman ini ternyata mengandung gula yang cukup tinggi,terutama jus buah kemasan. Biasanya, jus buah yang sudah dikemas ini diberi tambahan gula sehingga rasanya akan semakin manis. Padahal, buah sendiri sudah mengandung gula alami.

Smoothie
Sama halnya dengan jus buah kemasan, smoothie yang dijual di toko-toko atau cafe juga biasanya mengandung gula yang tinggi. Bahkan tak hanya gula saja, terkadang minuman ini juga mengandung pewarna makanan dan kalori ekstra sehingga membuatnya semakin tidak sehat bila dikonsumsi.

Jika ingin mengonsumsi smoothie yang sehat, sebaiknya kamu membuatnya sendiri di rumah. Kamu bisa memilih sendiri buah yang digunakan dan bahan apa saja yang ingin dicampurkan ke dalam smoothie.

Minuman Olahraga
Tak sedikit orang yang menganggap minuman olahraga atau minuman berenergi sebagai minuman yang sehat, terutama bagi yang rutin berolahraga. Minuman ini dirancang untuk menghidrasi dan meningkatkan energi selama menjalani aktivitas olahraga yang lama dan intens.

Atas dasar alasan inilah, minuman berolahraga mengandung gula tambahan yang tinggi agar lebih cepat diserap tubuh dan digunakan sebagai energi. Sama seperti minuman tinggi gula lainnya, sering mengonsumsi minuman olahraga juga berkaitan dengan risiko obesitas dan penyakit metabolisme lainnya.

Susu Dairy
Susu dairy sering kali dianggap kurang sehat karena dapat memicu timbulnya jerawat, obesitas, dan lainnya jika dikonsumsi berlebihan. Alhasil, banyak orang yang beralih ke susu non-dairy karena dianggap lebih sehat.

Sayangnya, beberapa produk susu non-dairy ada yang mengandung gula tambahan sehingga dapat meningkat kadar gula darah. Sebagai gantinya, kamu bisa memilih susu non-dairy dengan sedikit kandungan gula atau tanpa gula sama sekali agar bisa mendapatkan manfaatnya. (patrisia argi)

Patrisia Argi Satuti:
Tinggalkan Komentar