Mengejutkan Ini 5 Jenis Durian Termahal di Dunia yang Harganya Mencapai Ratusan Juta

Durian termahal didunia. (Foto : Pexels)

Sukoharjonews.com – Durian memang merupakan salah satu buah yang cukup sering diburu orang. Hal ini dikarenakan durian memiliki rasa yang enak, manis, dan legit. Ada begitu banyak jenis durian yang ada, dari yang harganya terjangkau hingga yang mencapai ratusan juta rupiah.


Dilansir dari detikFood, Minggu(30/7/2023), bagi kamu pecinta durian tentu sudah paham bagaimana lezatnya daging si raja buah ini, ada 5 durian termahal di dunia. Berikut informasi selengkapnya di bawah ini!

1. Durian Kanyao
Pada tahun 2019, sempat heboh kehadiran durian dengan harga super fantastis. Durian ini laku terjual dalam sebuah lelang durian di Thailand yang bernama Festival King of Durian 2019. Harganya mencapai Rp 681 juta

Durian tersebut merupakan durian kanyao dari Thailand. Durian kanyao ini memiliki rasa yang lembut dan manis.

Dikutip dari Specialty Produce, durian yang berasal dari Thailand ini pertama kali dibudidayakan di Provinsi Nonthaburi. Sebagian besar durian Thailand yang dikonsumsi di pasar komersial modern dikembangkan beberapa waktu setelah 1662, tetapi varietas durian yang lebih tua di tanam di seluruh negeri, jauh sebelum masa ini.

Durian yang dibawa dari daerah Sumatera dan Kalimantan ini ditanam di Thailand pada usia dini. Buah-buahan awalnya awalnya disediakan untuk raja dan produksinya relatif rendah selama berabad-abad. Pada awal abad ke-19, masuknya imigran Cina yang menanam durian untuk penggunaan komersial memperluas budidaya.

Imigran Cina tidak diharuskan mengerjakan proyek tahunan untuk raja Thailand. Karena penduduk asli Thailand diberi mandat, yang memungkinkan para imigran untuk membangun dan mengembangkan pertanian durian skala besar, menciptakan varietas baru.

Hari ini durian kanyao merupakan varietas langka yang diproduksi dalam jumlah terbatas di Thailand. Varietas ini tidak umum ditemukan di pasar dan merupakan varietas khusus, diinginkan karena kelangkaannya, eksklusivitas, dan rasanya yang lembut dan manis.

2. Durian Khantarak
Thailand memang terkenal dengan durian jenis monthong. Namun selain itu, Thailand juga terkenal dengan durian jenis khantarak.

Durian khantarak ini laku terjual dengan harga yang cukup fantastis, yakni mencapai 150.000 baht atau setara Rp 66 juta pada sebuah lelang di provinsi Si Sa Ket beberapa waktu lalu. Hal inilah yang menjadikan durian khantarak sebagai durian termahal kedua di dunia setelah durian jenis kanyao yang dibanderol dengan harga Rp681 juta.

Durian khantarak ini memiliki rasa yang sangat manis, tekstur yang lembut dan legit, serta tidak memiliki aroma yang terlalu menyengat. Selain dengan nama khantarak, durian ini juga memiliki nama lain, yakni durian vulkanik. Hal ini dikarenakan durian tersebut ditanam di tanah yang mengandung zat potasium bekas letusan gunung merapi.


3. Durian J-Queen
Pada tahun 2019, Indonesia pernah dihebohkan dengan harga durian yang mencapai 14 juta di sebuah supermarket di kota Tasikmalaya, Jawa Barat. Durian tersebut bernama J-Queen yang merupakan durian varietas lokal yang dikembangkan petani di Banyumas, Jawa Tengah.

Durian ini merupakan buah durian hasil perkawinan silang dari buah durian lainnya. Harganya yang mahal ini lantaran durian J-Queen terbilang langka, karena hanya bisa berbuah 3 tahun sekali.

Durian J-Queen berukuran sangat besar dan daging buahnya berbentuk bulat dengan warna kuning pekat. Rasa yang dimiliki cukup unik, karena mirip kacang dan mentega, dan cenderung gurih.

4. Durian Black Thron
Selanjutnya, durian termahal berikutnya ialah durian black thorn atau duri hitam. Durian ini mulai ditemukan di pasar Malaysia sejak 2010, dan sayangnya varietas ini baru ditemukan di Malaysia saja. Durian black thorn ini biasanya dijual seharga Rp 363 ribu per kilogramnya.

Jadi tak heran, jika durian ini dikenal sebagai durian ‘sultan’ karena hanya orang-orang yang berkantong tebal saja yang bisa menikmatinya. Durian ini digemari para sultan karena memiliki tekstur, rasa, dan aroma yang begitu istimewa.

Berbeda dengan durian terkenal lainnya seperti musang king, durian black thorn memiliki daging buah yang lebih tebal dan warna kuningnya yang keemasan. Selain itu, ukurannya juga lebih besar dan memiliki aroma yang jauh lebih kuat dan menyengat dibanding jenis durian lainnya. Ketika dimakan, daging buah durian black thorn terasa lebih creamy dan manis. Teksturnya pun juga lebih halus dan tidak memiliki serat.

5. Durian Musang King
Durian termahal berikutnya ialah durian musang king. Bagaimana tidak, durian musang king memiliki cita rasa sangat manis dan teksturnya yang legit. Durian ini juga memiliki warna kuning yang pekat dan tekstur dagingnya yang tebal.

Harganya pun juga cukup fantastis! Tiap kilogram durian musang king dibanderol dengan harga Rp 200,000, bahkan ada juga yang harga per kilogramnya mencapai Rp 2,6 juta.

Dikutip dari Musang King Market, durian ini berasal dari negara bagian Pahang, Malaysia, sebagai tempat pertama kali dibudidayakan pada tahun 1990-an. Namanya konon berasal dari fakta bahwa itu adalah makanan favorit musang, atau musang, yang dikenal suka memanjat pohon durian dan berpesta buah.

Selain ditanam di banyak tempat di Malaysia, durian ini juga dibudidayakan di negara lain di Asia Tenggara, seperti Thailand dan Indonesia. Namun, durian musang king yang tumbuh di Malaysia dianggap yang terbaik dari segi rasa, tekstur, dan aroma. (patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *