Mengapa Olahraga Sangat Penting? Simak Manfaatnya Disini!

Manfaat olahraga untuk tubuh. (Foto: better help)

Sukoharjonews.com – Olahraga adalah sebuah aktivitas fisik yang sangat sehat dan penting untuk dilakukan secara rutin. Meskipun berada di tengah himpitan kesibukan, olahraga/aktivitas fisik ringan tetap harus dilakukan untuk menjaga kesehatan.

Meskipun beberapa orang mengatakan bahwa olahraga merupakan sebuah kegiatan yang melelahkan, namun dibalik itu semua, manfaat olahraga dapat dirasakan oleh tubuh, seperti membentuk kekuatan serta kesehatan tubuh. Dikutip dari Honestdocs, pada Sabtu (17/6/2023), berikut manfaat olahraga bagi tubuh yang wajib Anda ketahui:

1. Mencegah terkena penyakit
Tubuh manusia memang dirancang untuk bergerak. Tubuh membutuhkan olahraga. Olahraga yang biasa penting bagi kebugaran tubuh  dan kesehatan yang baik. Olahraga rutin akan mengurangi risiko terkena penyakit jantung, kanker, tekanan darah tinggi, diabetes, dan penyakit-penyakit lain. Olahraga rutin juga berpengaruh terhadap penampilan Anda dan menunda proses penuaan. 

2. Meningkatkan fleksibelitas
Latihan peregangan juga bagus untuk postur tubuh Anda. Peregangan membantu tubuh lentur, sehingga Anda dapat membungkuk, melipat, menjangkau, dan berputar. Meningkatkan fleksibilitas melalui latuhan-latihan juga mengurangi risiko tubuh mengalami cidera dan meningkatkan keseimbangan serta koordinasi.

Jika Anda memiliki area di tubuh yang terasa keras dan tegang seperti punggung atas atau leher, melakukan beberapa gerakan peregangan akan membantu melemaskan otot-otot yang kaku, membantu Anda merasa lebih santai.

3. Menguatkan dan menyehatkan
Latihan dengan beban dan latihan resistensi akan mengembangkan otot, tulang, dan ligament untuk menambbah kekuatan dan ketahanan. Postur tubuh Anda pun membaik dan otot menjadi lebih terbentuk dan sehat. Artinya, Anda bukan hanya merasa lebih baik, tetapi juga terlihat lebih baik.

4. Menambah stamina
Ketika berolahraga, tubuh memanfaatkan energi untuk dapat bertahan lama. Latihan aerobik melibatkan gerakan fisik yang terus menerus dan berirama seperti berjalan atau bersepeda.

Latihan aerobik menambah stamina tubuh dengan melatih tubuh menjadi lebih efisien dan menggunakan energi yang lebih sedikit untuk tugas dalam jumlah yang sama. Seraya tingkat kondisi Anda bertambah, detak jantung dan pernapasan kembali ke level istirahatlebih cepat dari aktivitas yang berat.

5. Mengontrol berat badan
Latihan atau olahraga juga adalah kunci untuk mengontrol berat badan karena akan membakar kalori. Jika Anda membakar lebih banyak kalori daripada yang Anda masukkan ke dalam tubuh, maka berat badan Anda akan berkurang.

6. Meningkatkan kualitas hidup
Begitu Anda mulai berolahraga secara rutin, Anda akan menemukan lebih banyak alasan mengapa olahraga amatlah penting untuk memperbaiki kualitas hidup Anda. Olahraga mengurangi stres, meningkatkan mood, dan membantu Anda menikmati tidur yang lebih nyenyak. Olahraga juga membuat Anda terlihat dan merasa lebih muda sepanjang hidup Anda.(cita septa)

Cita Septa Habibawati:
Tinggalkan Komentar