Menderita Diabetes? Konsumsi Sayuran Ini!

Sayuran yang baik untuk penderita diabetes.(Foto: grid)

Sukoharjonews.com – Para penderita diabetes pasti pasti tahu betapa sulitnya mengatur pola makan dan mengontrol kadar gula darah. Terlebih, makanan dan minuman tertentu dapat menyebabkan kadar gula darah melonjak. Oleh karena itu, pemilihan makanan yang rendah gula, rendah karbohidrat, dan tinggi serat adalah kunci untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Meskipun sepertinya ada banyak makanan yang perlu dibatasi, namun masih banyak makanan yang bisa Anda nikmati, lho. Dikutip dari Jpnn, pada Sabtu (6/4/2024), inilah sayuran yang baik bagi penderita diabetes:

1. Brokoli
Brokoli kaya akan nutrisi dan mengandung zat besi, vitamin C, serat, protein, kalsium, selenium, dan magnesium. Brokoli bisa membantu mencegah kerusakan pembuluh darah pada pasien diabetes, karena adanya senyawa yang disebut ‘sulforaphane’.

Sesuai penelitian yang diterbitkan oleh jurnal Science Translational Medicine, sulforaphane menghasilkan enzim yang melindungi pembuluh darah dan mengurangi jumlah molekul yang bisa merusak sel. Ini juga membantu melawan anemia, membangun otot, dan rendah GI (15). Sayuran ini bisa dimakan dalam bentuk panggang, dimasukkan ke dalam masakan gurih, dan digunakan untuk membuat sup.

2. Bayam
Rendah kalori dan tinggi nutrisi, bayam adalah makanan super yang harus Anda sertakan dalam diet Anda.

Bayam mengandung zat besi, vitamin C, dan antioksidan. Selain meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dengan mengurangi peradangan, dan meningkatkan tingkat kekebalan, American Diabetes Association (ADA) menetapkan bayam sebagai makanan sehat untuk penderita diabetes, baik tipe 1 maupun tipe 2.

Bayam rendah GI (15), dan bisa digunakan untuk membuat sup, hidangan gurih, dan salad.

3. Okra
Ini penuh dengan nutrisi seperti potasium, vitamin B dan C, asam folat, serat, dan kalsium.

Kandungan seratnya yang tinggi dikaitkan dengan pengelolaan diabetes, sesuai penelitian yang diterbitkan oleh Nutrition Journal.

Penelitian juga menunjukkan bahwa peningkatan asupan serat makanan meningkatkan kontrol glikemik dan meningkatkan sensitivitas insulin. Karena rendah GI (17-20), okra bisa dimakan sebagai hidangan gurih dan berkuah, dan juga bisa dipanggang.

4. Wortel
Wortel adalah sumber beta karoten, serat, vitamin K1 dan A, potasium, dan antioksidan yang baik. Sayuran ini merupakan makanan rendah glisemik (16), dan rendah karbohidrat.

Sesuai penelitian Journal of Chiropractic Medicine, nutrisi dalam wortel mungkin bermanfaat bagi penderita diabetes.

Studi tersebut menyoroti bahwa asupan serat makanan bisa membantu mengurangi prevalensi diabetes tipe 2. Sayuran ini bisa dimakan dengan cara direbus, mentah, dan sebagai bagian dari hidangan gurih dan manis.(cita septa)

Cita Septa Habibawati:
Tinggalkan Komentar