Menarik, Inilah Sederet Makanan Anti Pikun yang Baik Kamu Konsumsi Selagi Masih Muda

Sayuran anti pikun. (Foto: freepik)

Sukoharjonews.com – Seiring bertambahnya usia, beberapa orang akan cenderung mengalami penurunan daya ingat atau pikun. Bahkan, tak jarang ada pula orang-orang muda yang ingatannya sudah sering lupa. Lantas, bagaimana solusinya?

Dilansir dari Neurologi, Minggu (28/5/2023) banyak ahli mengatakan bahwa cara mencegah pikun, termasuk penyakit demensia dan Alzheimer, bisa dilakukan dengan berolahraga. Selain itu, pola makan sehat secara positif memengaruhi fungsi kognitif dan mencegah efek pikun.

Berikut adalah rekomendasi enam makanan sehat untuk kesehatan otak dan melawan penurunan kognitif.

1. Sayuran Hijau
Meski sayuran apapun itu baik, tetapi beberapa sayuran hijau seperti kale, bayam, kembang kol, dan brokoli berpengaruh terhadap daya ingat orang dewasa. Pasalnya, sayuran-sayuran tersebut mengandung folat, vitamin B9, karotenoid, dan vitamin K yang dapat membantu mengurangi depresi, sekaligus meningkatkan fungsi kognitif.

2. Alpukat
Manfaat buah alpukat yakni sebagai sumber lemak sehat dan vitamin E yang bagus untuk meningkatkan kesehatan otak. Mengutip CNN Indonesia, sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Pharmacological Reviews menemukan, lemak berfungsi sebagai antiinflamasi untuk otak sehingga melindunginya dari gangguan kognitif.

3. Omega-3
Banyak penelitian membuktikan bahwa kandungan omega-3 efektif untuk melawan dan mencegah demensia. Minyak zaitun, flax seed, telur omega 3, dan ikan berlemak seperti tuna, salmon, dan makarel adalah contoh makanan yang tinggi asam lemak omega-3 dengan DHA serta tinggi protein dan rendah lemak jenuh. Para ahli merekomendasikan supaya mengonsumsi 200 mg DHA setiap hari untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan, khususnya kesehatan otak

4. Biji-bijian
Biji bunga matahari, biji wijen, chia seed, flax seed, dan biji labu semuanya mengandung antioksidan dan nutrisi seperti vitamin E, zinc, omega-3, dan kolin untuk menunda penurunan kemampuan berpikir yang datang seiring bertambahnya usia. Cara palling nikmat untuk menikmati biji-bijian adalah dengan memakannya sebagai camilan, ditaburkan di atas salad, atau menambahkannya ke dalam puding atau mufin.

5. Biah Beri
Stroberi, rasberi, dan bluberi menghasilkan anthocyanin, yakni senyawa tanaman dengan efek antiinflamasi dan antioksidan yang menghentikan laju kerusakan otak akibat radikal bebas dan meningkatkan komunikasi antar sel otak. Ini seperti yang dikutip via detikFood.

Khususnya stroberi dan bluberi, merujuk WebMD, mereka sanggup membantu meningkatkan daya kerja otak hingga memperlambat gejala-gejala Alzheimer. Nggak cuma itu, buah-buahan yang berwarna-warni ini pun mampu meningkatkan mood dan mengurangi risiko depresi.(patrisia argi)

Patrisia Argi Satuti:
Tinggalkan Komentar