Memperkenalkan Skuter Baru Honda AirBlade 160, Cek Spesifikasi dan Harganya

Honda AirBlade 160. (Foto: Greatbiker)

Sukoharjonews.com – Honda Vietnam Company (HVN) meluncurkan produk baru berupa skutik yang hadir dengan tampilan sporty, ramping namun cocok untuk penggunaan menyeluruh dalam kehidupan sehari-hari. Modelskutik baru ini adalah Honda AirBlade 160.


Dikutip dari Greatbiker, Minggu (30/6/2024), Honda AirBlade 2025 hadir dengan tampilan baru untuk memberikan lebih banyak pilihan kepada konsumen dengan menambahkan opsi sub-model baru yaitu Sporty yang memiliki tampilan keren dan rasa bersaing. Cara lainnya adalah dengan menjadi pesaing langsung Yamaha NVX155 atau dikenal dengan Aerox 155 yang memiliki tampilan lebih sporty.

Honda AirBlade 160 hadir dengan struktur Backbone yang membuat area pijakan kaki tidak rata seperti skutik lainnya. Berbeda dengan produk paralel seperti Vario 160 yang tidak memiliki pijakan kaki untuk pengendaranya, namun memiliki area pijakan kaki yang luas tanpa adanya balok tengah untuk menghalanginya.


Berbeda dengan AirBlade 160 yang memiliki balok tengah untuk menghalanginya sehingga membagi area pijakan kaki dengan jelas. Dan yang terpenting, AirBlade 160 memiliki tangki bahan bakar yang dipasang di depan, bukan di bawah jok seperti Click 160.

Perbedaan lain antara AirBlade 160 dan Vario 160 adalah pada sistem pengeremannya. Kedua model tersebut memiliki sistem rem depan cakram tunggal dengan ukuran yang sama, namun Vario 160 memiliki cakram tunggal di bagian belakang, sedangkan AirBlade 160 masih menggunakan sistem rem tromol, mirip dengan Aerox 155 dan terlihat seperti rem tromol.

Honda AirBlade 160. (Foto: Greatbiker)

Pesaing langsung adalah Aerox 155 karena AirBlade memiliki dua pilihan mesin, mirip dengan NVX atau Aerox, yang juga memiliki dua pilihan mesin di pasar Vietnam.

Airblade 125 dan 160 memiliki desain bodi yang sama, baik dari segi fitur maupun teknologi yang tersedia. Berbeda dengan Vario atau Click hanya dalam hal desain dan beberapa perlengkapan. Bagian paling berbeda dari Airblade 125 dan 160 adalah strukturnya. Model 125 masih menggunakan struktur backbone beam standar, namun model 160 menggunakan struktur eSAF yang lebih kuat dan ringan.


Dari segi fitur, Airblade 160 masih kalah dengan rekan-rekannya seperti PCX dan ADV yang meski menggunakan mesin yang sama. Namun beberapa fitur telah dihilangkan, seperti sistem HSTC, sistem pengereman, dan rem ABS yang tidak dipasang dari pabrik. Sistem kunci pintarnya juga bagus. Tapi itu hanya akan ada di model teratas.

Dari segi penjualan, HVN telah membuka Airblade 160 dengan harga rekomendasi 56.690.000 VND atau sekitar Rp 36,2 jutaan, sedangkan Airblade 125 akan memiliki harga rekomendasi 42.700.000 VND atau sekitar Rp27,3 jutaan. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *